Mau Odading yang Lagi Viral, Ini Resepnya

Anabel Lerric, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 298 2279320 mau-odading-yang-lagi-viral-ini-resepnya-raWlyw86LL.jpg Odading yang lagi viral (Foto: Inst Resep Jajanan Pasar)

Belakangan ini makanan khas Sunda yang bernama odading atau kue bantal ini sedang viral dijagat raya. Awal mula bisa menjadi viral dikarenakan beredarnya satu video seseorang yang sedang mereview Odading Mang Oleh.

Karena review tersebut, kini Odading Mang Oleh diminati banyak orang hingga membuat antrian panjang lantaran penasaran dengan rasanya.

Penasaran juga bagaimana rasa dari makanan khas Sunda yang sedang viral ini tetapi malas antri? Jangan khawatir. Kita bisa membuatnya sendiri lho.

Meski menyantapnya tidak bisa membuat seperti iron man tetapi rasanya tidak jauh dengan Odading Mang Oleh. Yuk simak resep sederhana Odading yang dikutip Okezone dari akun Instagram @resepjajananpasar.

 tepung

Bahan-bahan:

-300 gram tepung terigu

-150 ml susu cair atau air santan, hangatkan hingga suam kuku (jangan sampai panas karena akan mematikan ragi di dalamnya)

-1 1/2 sendok makan margarin

-65 gram gula pasir

-1 butir telur

-1 1/2 sendok teh ragi instan

-1/2 sendok teh garam

 Baca juga: Potret Cantik Angel Karamoy, Janda 4 Tahun yang Penuh Pesona

Bahan taburan:

Wijen putih secukupnya

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, gula dan ragi.

2. Masukkan telur dan santan/susu cair sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga lembut ( agak lengket tidak apa-apa).

3. Masukkan margarin dan garam, uleni kembali adonan hingga lembut dan elastis.

4. Adonan akhir tidak kalis banget, agak lengket.

5. Tutup adonan dengan plastik, diamkan di tempat hangat hingga mengembang 2 kali lipat sekitar 30 - 40 menit (tergantung cuaca).

6. Jika sudah mengembang, kempiskan adonan agar udara di adonan keluar. Letakkan adonan di tempat rata yang sudah di lumuri tepung terigu agar tidak lengket. Taburi atasnya dengan sedikit tepung terigu agar tidak lengket ketika di gilas.

7. Gilas adonan hingga rata dengan ketebalan 2 cm.

Potong-potong bentuk kotak sesuai selera ukurannya. Olesi atasnya dengan air, taburi wijen secukupnya. Diamkan 20 menit untuk fermentasi kedua.

8. Panaskan minyak, goreng adonan roti di minyak hingga matang. Sajikan selagi hangat, cocok untuk menemani minum kopi atau teh. Nikmat banget ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini