Cegah Rotavirus Sejak Dini, Jangan Lupa Vaksin Ya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 481 2279092 cegah-rotavirus-sejak-dini-jangan-lupa-vaksin-ya-6EJyxTwUX9.jpg (Foto: LabRoots)

ROTAVIRUS adalah virus yang sangat menular yang menyebabkan diare. Virus ini menjadi penyebab paling umum diare pada bayi dan anak-anak di seluruh dunia yang mengakibatkan lebih dari 215.000 kematian setiap tahunnya.

Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan beberapa pencegahan lainnya seperti pemberian ASI eksklusif, mencuci tangan, akses air bersih, sanitasi, dan kebersihan dapat membantu mencegah penyakit rotavirus.

Vaccine Medical Director GlaxoSmithKline Indonesia, dr. Deliana Permatasari, mengatakan sebagian besar kasus infeksi rotavirus terjadi sebelum usia satu sampai empat tahun.

“Anak dilahirkan dengan sistem kekebalan yang dapat melawan sebagian besar kuman, tetapi ada beberapa penyakit mematikan yang tidak bisa mereka tangani,” terang dr. Deliana, dalam siaran pers GlaxoSmithKline, Rabu (16/9/2020).

 Rotavirus adalah virus yang sangat menular yang menyebabkan diare.

Itulah sebabnya anak-anak membutuhkan vaksin untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Salah satu survei menunjukkan bahwa 92 persen bayi yang dirawat di rumah sakit karena infeksi rotavirus belum pernah divaksinasi.

“Kebanyakan orang tua tidak mengetahui tentang vaksinasi rotavirus. Padahal, diare rotavirus adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin. Selain itu, ada batas usia untuk pemberian vaksin Rotavirus,” sambungnya.

Setelah melewati usia tersebut, seorang anak mungkin tidak lagi memenuhi syarat untuk vaksinasi rotavirus. Vaksin rotavirus diberikan secara oral, tidak disuntikkan, sehingga anak-anak tidak perlu takut menghadapi jarum suntik.

“Orangtua disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan tenaga kesehatan profesional untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memberikan vaksin rotavirus, jenis vaksin, dosis, dan tata cara pemberiannya,” tuntasnya.

Baca juga: Resep Singkong Keju, Camilan Enak untuk WFH

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini