Ini Cara Mudah Membuat Masker Kain, Bisa Dilapisi Tisu

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 481 2279140 ini-cara-mudah-membuat-masker-kain-bisa-dilapisi-tisu-9mfVyE391U.jpg (Foto: Rosera Yuwi/YouTube)

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan terkait larangan penggunaan masker scuba dan buff, terutama di kereta rel listrik (KRL). Menurut Wiku, masker scuba atau buff adalah masker yang sangat tipis.

“Masker scuba atau buff, ini adalah masker dengan satu lapis saja dan terlalu tipis. Sehingga kemungkinan untuk tembus, tidak bisa menyaring lebih besar. Maka disarankan menggunakan masker yang berkualitas untuk menjaga,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden beberapa waktu lalu.

Lantas bagaimana mengantisipasinya? Seperti diketahui, masker medis saat ini harganya masih cukup tinggi di pasaran. Sehingga masyarakat lebih memilih masker scuba yang terbuat dari kain, karena harganya yang terjangkau, mudah didapat, bisa dicuci dan dipakai ulang, juga mudah dibuat sendiri.

Dikutip dari channel YouTube Rosera Yuwi, ia menunjukan tutorial bagaimana cara membuat masker dari kain yang dapat dilapisi dengan tisu. “Siapkan kain dengan panjang 42 cm, dan lebar 21 cm. Panjang atau kecilnya terserah kita,” terangnya.

 Ini tutorial bagaimana cara membuat masker dari kain yang dapat dilapisi dengan tisu.

Sedangkan untuk talinya, lebarnya sekitar 4,5 cm dan panjangnya 59 cm sediakan dua tali untuk bagian kanan dan kirinya. Kemudian siapkan tisu yang mudah menyerap, terbuat dari fiber bukan seperti tisu pada umumnya mudah hancur.

“Jadi ini tisu yang bisa dicuci, memang tisu khusus,” lanjutnya.

Cara membuat masker kain berlapis ini, pertama-tama lipat dua bagian kain secara membalik. Kemudian tisunya simpan di atas kain tersebut. Kemudian jahit di setiap sisinya, sisakan beberapa centi di tengahnya untuk dibalikan.

Baca juga: Resep Singkong Keju, Camilan Enak untuk WFH

Setelah dijahit, lipat-lipat bagian tengahnya sesuai keinginan. Lalu setrika supaya lipatannya tetap rapi.

Kemudian sebelum dijahit, bagian talinya bisa disetrika dulu yaitu di bagian kedua sisinya. Supaya nantinya mudah menjahitnya. Pasang tali masker di kedua sisi, dan jahit mengatur garis yang sudah disetrika tadi.

Masker scuba berlapis siap dipakai, dan dapat mencegah penyebaran virus Covid-19.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini