6 Manfaat Kulit Pisang, Salah Satunya untuk Bersihkan Kulit

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 481 2279343 6-manfaat-kulit-pisang-salah-satunya-untuk-bersihkan-kulit-Jknrrso4uU.jpg (FOto: Timesoindia)

Ketika Anda menyantap buah pisang, bagian kulit mungkin akan Anda buang karena menanggapnya tidak memiliki manfaat. Ternyata, ada banyak manfaat kulit pisang yang perlu Anda ketahui.

Apabila Anda mampu mengolahnya dengan baik, maka kulit pisang bisa membantu menyelesaikan masalah harian Anda. Dikutip Times of India, ini beberapa manfaat kulit pisang.

Pelembab kaki

Daging pisang sangat ideal untuk pijat kaki. Di musim dingin, gunakan pisang matang untuk memijat rasa dan melembapkannya. Penggunaan pisang matang untuk membersihkan kaki juga membuat mereka tidak bau.

Membersihkan kulit

Gunakan kulit pisang dan letakkan di kulit wajah, dengan sisi putih ke bawah. Pijat dengan lembut selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Ini efektif dalam mengobati jerawat.

Mematangkan buah

Menurut para ahli, pisang melepaskan hormon yang disebut ‘Ethylene’. Hormon ini memiliki kualitas pematangan buah dan sayuran lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan buah dan sayuran lain dalam kantong kertas bersama dengan pisang matang dan melihat keajaiban.

 Ketika Anda menyantap buah pisang, bagian kulit mungkin akan Anda buang karena menanggapnya tidak memiliki manfaat.

Baca juga: Resep Ayam Goreng Mentega, Gurihnya Bikin Nagih!

Dapat dijadikan body scrub

Ambil satu pisang matang dan campurkan dengan 2 sdt gula kastor dan beberapa tetes minyak esensial. Gunakan scrub ini dua kali seminggu dan lihat perubahannya. Sangat efektif untuk kulit kering.

Mengkilapkan kayu

Anda juga bisa menggunakan kulit pisang untuk menyemir kayu. Shiner alami berbiaya rendah ini mampu meningkatkan usia lapisan poles.

Semir sepatu

Lupa untuk menyemir sepatu? Jangan khawatir, gunakan sisi dalam pisang matang untuk menyemir sepatu dan Anda siap untuk melangkah keluar dengan percaya diri. Pastikan bahwa kulitnya berwarna kuning dengan bintik-bintik coklat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini