Waspada Efek Samping Obat, Dampaknya Mulai dari Ringan hingga Berat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 481 2279409 waspada-efek-samping-obat-dampaknya-mulai-dari-ringan-hingga-berat-jjOC9HAyDx.jpg (Foto: Shutterstock)

MASYARAKAT diimbau untuk berpartisipasi aktif dalam melaporkan Kejadian Yang Tidak Diinginkan (KTD) atau Efek Samping Obat yang digunakan, baik pada dirinya, keluarga maupun teman atau koleganya.

Pelaporan ini penting dilakukan demi keselamatan dan keamanan pasien baik di saat ini maupun di masa depan. Bertepatan dengan Patient Safety Day 2020 Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mendukung dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelaporan efek samping obat.

Pada kesempatan tersebut, Ketua YKI Cabang Jawa Tengah, dr. Eko Adhi Pangarsa, SpPD, KHOM menjelaskan mulai dari efek samping dapat terjadi selama masa pengobatan.

“Mulai dari yang ringan sampai berat. Sebaiknya pasien dan keluarga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi terkait efek samping yang bisa atau mungkin terjadi selama pengobatan,” terang dr. Eko dalam Virtual Talkshow ‘Patient Safety 2020’ Kamis (17/9/2020).

Dokter Eko menjelaskan bahwa pasien, keluarga, perawat pasien dapat meminta informasi terkait dengan pengelolaan efek samping obat apabila memungkinkan. Hal ini bertujuan untuk mengindari hal yang tidak diinginkan selama pengobatan.

“Selain itu pasien, keluarga, dan perawat pasien juga diminta untuk segera melaporkan ke dokter apabila terjadi efek samping yang memerlukan penanganan secara cepat,” tuntasnya.

 Waspada Efek Samping Obat, Dampaknya Mulai dari Ringan hingga Berat

Baca juga: Waspada, Ini 7 Gejala Bila Seseorang Terinfeksi Covid-19

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini