Sering Merasa Lelah Setelah Join Zoom Meeting? Ini Penyebabnya

Santi Siera, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 481 2279416 sering-merasa-lelah-setelah-join-zoom-meeting-ini-penyebabnya-wAWBsi069D.jpg Zoom meeting melelahkan (Foto: Pixabay)

Warga Jakarta kembali harus menjalani PSBB diperketat, sejak Senin 14/9/2020 kemarin. Maka, banyak perkantoran kembali memberlakukan WFH (Work from Home) kepada para karyawan.

Maka, salah satu cara untuk berkoordinasi dengan rekan kantor selama WFH adalah melakukan zoom meeting. Dalam sehari, beberapa Okezoners bercerita mereka bisa memiliki jadwal zoom meeting dengan Atasan maupun kolega minimal 2- 3 kali per hari.

 zoom meeting

Nah, salah satu keluhan yang sering dilontarkan oleh para karyawan selama WFH adalah kelelahan setelah jalani beberapa zoom meeting.

Apakah kamu termasuk yang sering merasa sangat lelah setelah ikut zoom meeting? Atau kamu merasa aneh karena walau hanya duduk tapi tubuh terasa capek layaknya usai beraktivitas berat?

Kondisi ini ternyata bisa disebut sebagai 'Virtual Fatigue'. Kondisi tersebut adalah perasaan sangat lelah setelah melakukan aktivitas virtual, salah satunya zoom meeting.

Dijelaskan Psikolog Anak Saskhya Aulia Prima, M.Psi, virtual fatigue bisa muncul karena adanya perubahan kebiasaan. Ya, biasanya kamu bisa bertemu langsung dengan Atasan maupun rekan kerja lewat rapat atau meeting tatap muka langsung, kini semua hanya lewat laptop atau ponsel.

 Baca juga: Potret Cantik Angel Karamoy, Janda 4 Tahun yang Penuh Pesona

"Dalam proses virtualnya, terjadi delay yang mana biasanya kamu menunggu lawan bicara selesai dan kadang ada waktu 'hening' di antara perbincangan dan ini yang membuat kamu merasa letih," terangnya beberapa waktu lalu.

"Meeting berkali-kali hanya di depan laptop dan dalam durasi berjam-jam itu juga membuatmu merasa capek, karena pada kenyataannya otak pun lelah," sambung dia.

Hal penting patut dicatat, kita entah secara sadar atau tidak, saat melakukan zoom meeting atau berkomunikasi secara virtual, ingin terlihat sempurna. Hal ini dimungkinkan karena kamu menatap wajah sendiri saat ngobrol dengan lawan bicara.

Jadi, saat video call berlangsung, kamu tanpa disadari selalu memerhatikan cara bertutur atau membenarkan tampilan yang dirasa kurang oke. Nah situasi seperti itu pun membuat virtual fatigue bisa muncul.

"Itu semua karena otak memperhatikan banyak hal dan secara tidak sadar, memengaruhi energi dalam tubuh. Itu sebabnya, meski kamu hanya di rumah saja dan bekerja depan laptop, kamu merasa sangat capek," tutup Saskhya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini