Beautypedia: Apa Itu Parfum?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 611 2279202 beautypedia-apa-itu-parfum-uvK8CzCg5c.jpg Ilustrasi (Foto : Lovepanky)

Parfum atau yang juga disebut sebagai minyak wangi sudah menjadi bagian yang sangat erat bagi sebagian masyarakat. Kemana pun mereka pergi, rasanya tak lengkap jika belum menggunakan parfum.

Bahkan, bagi beberapa orang, mereka juga menggunakan parfum walaupun sedang berada di rumah. Itu merupakan hal yang bagus karena parfum dapat memberikan kesegaran bagi tubuh dan siapa pun yang menghirupnya.

Selain itu, parfum juga memiliki fungsi agar bau badan tidak terhirup oleh orang lain. Bayangkan saja ketika kamu sedang berada di tempat umum terus menghirup bau tak sedap yang ditimbulkan orang lain, pasti menyebalkan bukan?

Parfum

Baca Juga : Potret Cantik Angel Karamoy, Janda 4 Tahun yang Penuh Pesona

Mengingat fungsinya yang sangat bermanfaat, kira-kira kamu sudah tahu belum sih apa itu parfum? Melansir Science How Stuff Works pada Kamis (17/9/2020), parfum adalah cairan yang terdiri dari campuran alkohol air dan molekul yang menguap pada suhu kamar.

Aroma yang dihasilkan parfum pada dasarnya adalah molekul yang cukup ringan untuk mengapung di udara. Psikolog sensorik yang berkonsultasi untuk industri wewangian mengatakan, tidak setiap molekul yang ringan untuk mengapung di udara memiliki bau karbon monoksida.

Menurutnya, parfum yang mengeluarkan aroma adalah karena sel-sel di hidung yang mengenali molekul yang menguap dan mengirimkan pesan listrik ke otak untuk menciptakan persepsi.

Parfum dibuat dengan cara diperas, dikukus atau dipisahkan secara kimiawi dari tanaman, bunga, atau buah. Dalam minyak parfum, molekul wewangian dilarutkan dalam 98 persen alkohol dan 2 persen air.

Parfum

Dari yang paling terkonsentrasi hingga yang paling sedikit, parfum adalah setidaknya 25 persen minyak parfum; eau de parfum adalah 15 sampai 18 persen; eau de toilette adalah 10 persen; dan eau de cologne serta body spray lebih ringan.

Saat ini, parfum memiliki banyak varian yang dikategorikan dari buah, bunga, tanaman hijau, woody, amber, dan musk. Gunakanlah parfum sesuai selera untuk menunjukkan kepribadianmu!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini