Jerawat di Wajah Cerminkan Kondisi Kesehatanmu, Coba Dicek

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 612 2279403 jerawat-di-wajah-cerminkan-kondisi-kesehatanmu-coba-dicek-xWWLvUC7YL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT di wajah memang sangat mengganggu tidak peduli bagi para pria maupun wanita. Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga sangat mengganggu penampilan loh.

Beberapa produk skincare pun mulai diciptakan untuk memberantas jerawat ini. Tapi, jerawat muncul bukan semata-mata hanya karena kamu tidak cocok dengan produk skincare atau makeup yang kamu pakai ataupun karena bakteri dan kotoran saja.

Seorang ahli kesehatan kulit di Sydney, Emma Hobson menjelaskan arti dari jerawat yang muncul di wajah, yang ternyata memiliki keterkaitan dengan kesehatan tubuh kita. Nah, ternyata jerawat muncul karena tubuh sedang ada dalam kondisi yang kurang baik.

Berikut penjelasan letak jerawat di wajah dan kaitannya dengan kesehatan yang dikutip dari DailyMail.

Dahi

Kita sering diberi tahu bahwa dengan pola makan yang baik dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dapat membantu perawatan kulit. Tetapi nyatanya, masih sedikit dari kita yang tahu bahwa melakukan diet dan jarang minum air bisa memunculkan jerawat di dahi. Mengapa demikian?

Daerah dahi diyakini terhubung dengan perut dan kantung kemih, sehingga jerawat yang muncul di dahi bisa menunjukkan keadaan usus yang kurang sehat. Hal ini umumnya terjadi karena diet, stres dan jarang minum air.

jerawat

Di antara alis

Jika muncul jerawat di tengah-tengah alis, hal itu berarti kondisi hati sedang kurang baik. Selain karena kondisi hati, jerawat di daerah ini juga terpanggil akibat sering makan pada tengah malam, apalagi makan makanan berat.

Untuk membantu membersihkan area ini, yang terbaik adalah dengan menghindari alkohol dan makanan berat saat tengah malam, tetapi jika cara ini tidak berhasil, mungkin reaksi yang terjadi ada karena susu yang anda minum.

T-Zone

Seperti yang kita tahu, jerawat di zona T (daerah dahi hingga hidung) memiliki keterkaitan dengan hati dan perut. Selain itu, ini adalah area yang terkait dengan dehidrasi, alkohol dan makanan berminyak karena zona T sangat sensitif terhadap penumpukan racun. Lemak yang terlalu banyak dapat menyebabkan ketidakseimbangan lambung, dan alkohol dapat mempengaruhi asam di perut.

Pipi

Jerawat yang seringkali muncul di pipi ternyata terkait dengan kesehatan paru-paru. Biasanya, jerawat akan muncul karena cuaca yang kurang baik, seperti saat musim semi di mana banyak polusi di udara. Polusi dapat mengganggu paru-paru yang kemudian mendatangkan banyak jerawat di pipi.

Sekitar bibir

Sayangnya, bagi mereka yang sedang menstruasi, hal ini juga sangat mempengaruhi munculnya jerawat terutama di area ini. Kurang mendapatkan cukup serat dalam makanan juga bisa menjadi faktor yang memunculkan jerawat di sekitar bibir.

agu

Seperti yang kita tahu, dagu merupakan tempat yang paling sering didatangi jerawat bandel. Jerawat di dagu biasanya muncul selama masa pubertas, atau masa-masa remaja. Selain dahi, dagu juga memiliki keterkaitan dengan usus besar. Jadi, alergi makanan dan pola makan yang buruk juga bisa menjadi alasan munculnya jerawat di dagu.

Telinga, pelipis dan bawah mata

Jika jerawat muncul di tiga area ini, maka kemungkinan terbesar yang memunculkan jerawat tersebut adalah karena stres dan kurang tidur. Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk tidur setidaknya tujuh jam semalam, dan banyak minum air minimal delapan gelas sehari.

Leher

Leher bukanlah area jerawat muncul yang umum tetapi jika ada jerawat muncul di area ini, bisa dikaitkan dengan adanya penyakit dari dalam tubuh. Tiroid yang kurang aktif, memiliki kadar progesteron (hormon wanita) yang lebih rendah, sehingga menyebabkan jerawat serinng muncul, apalagi progresteron adalah kunci penolong untuk memerangi jerawat di wajah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini