Bikin Masakan Timur Tengah Samosa Ayam Yuk, Renyah dan Nikmat

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 298 2279773 bikin-masakan-timur-tengah-samosa-ayam-yuk-renyah-dan-nikmat-vcXBBUQVhM.jpg Samosa ayam (Foto: Youtube)

Ada banyak macam kuliner khas Timur Tengah yang lezat dan cocok di lidah orang Indonesia. Salah satunya adalah samosa, kuliner satu ini bisa dijadikan camilan, dan teman minum kopi atau teh.

Kamu tak harus jauh-jauh ke negara Timur Tengah untuk mencicipi makanan ini. Kamu bisa membuat samosa sendiri lho di rumah. Seperti dikutip dari channel YouTube Resep Abi, ini bahan-bahan dan cara membuat samosa yang enak di rumah:

daging ayam 

Bahan-bahan:

-350 gram ayam fillet

-150 gram cabai hijau

-3 siung bawang putih

-1 buah bawang bombay

-2 batang daun bawang

-3 sendok makan kecap manis

-1/2 sendok teh garam

-1 sdt gula pasir

-1/2 sendok teh lada bubuk

-1/2 sendok teh kaldu bubuk

-1 sendok teh bumbu kari

-Satu bungkus kulit samosa isntan

-Tepung terigu cair untuk lem kulit samosa

Cara membuatnya:


1. Pertama-tama, iris-iris bawang bombay memanjang dan tipis. Kemudian cincang halus bawang putih, potongt-potong cabai hijau, daun bawang lalu sisihkan.

2. Kemudian haluskan daging ayam fillet dengan cara diblender atau dicincang. Sisihkan.

3. Setelah itu siapkan wajan, panaskan minyak untuk menumis bawang putih dan bawng bombaynya. Tumis sampai layu dan harum. Setelah itu masukan daging ayam yang sudah dicincang atau dihaluskan tadi. Aduk rata hingga ayam setengah matang.

4. Kemudian masukan sedikit air, kurang lebih tiga sendok makan agar tumisan tidak terlalu kering. Lalu masukan irisan cabai hijau aduk sebentar.

5. Lalu masukan lada bubuk, kaldu bubuk, garam dan gula, juga bumbu kari aduk sampai rata. Masukan juga daun bawang dan kecap masni, aduk lagi sampai semuanya tercampur rata dan matang.

6. Setelah matang yaitu semua sudah layu, matikan api lalu sisihkan.

7. Siapkan kulit lumpia instan, potong menjadi tiga bagian atau sesuai selera. Siapkan potongan kulit samosa, beri sedikit tepung terigu yang sudah dicairkan di setiap pinggirannya, sambung dengan potongan kulit lainnya supaya terlihat lebih panjang.

8. Kemudian bentuk kulit samosa menjadi berbentuk sorong, dan isi dengan daging ayam yang sudah diolah tadi. Lalu lipat hingga berbentuk segi tiga.

9. Setelah semuanya siap, goreng samosa hingga matang dan kulitnya berubah menjadi kuning keemasan. Kemudian sajikan dan siap dinikmati dengan saus sambal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini