Bukan dari Kosmetik, Ini Makanan yang Jadi Sumber Kolagen

Jum'at 18 September 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 298 2280082 bukan-dari-kosmetik-ini-makanan-yang-jadi-sumber-kolagen-8oHw0FBXJw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GUNA tampil lebih prima dan nampak awet muda, banyak prodik kecantikan menawarkan kolagen. Kolagen, merupakan salah satu bentuk protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit, meregenerasi sel kulit mati, dan menjaga otot serta tulang tetap sehat.

Sayangnya, tidak banyak tahu bahwa kunci meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh terdapat pada makanan, bukan produk kecantikan. Memang, dengan keajaiban dari kolagen, banyak perusahaan kecantikan yang berlomba-lomba untuk menjadikan kolagen sebagai bahan aktif yang digadang-gadang dalam produk kecantikan.

Namun, penggunaan kolagen secara topikal kurang efektif karena tidak dapat terserap oleh kulit dengan baik. Di sisi lain, semakin bertambahnya umur, kulit kita akan kehilangan produksi kolagen – maka dari itu, diperlukan adanya sumber kolagen secara eksternal.

Berikut adalah beberapa bahan-bahan makanan yang memicu pembentukan kolagen:

Bawang Putih

Bawang putih dan sayuran sejenis kaya akan sulfur baik yang mampu meningkatkan aktivasi kolagen dalam tubuh.

Buah Beri

Tipe asam yang terkandung dalam tipe buah beri mencegah kerusakan kolagen akibat sinar UV. Tidak heran jika buah beri merupakan ratu dari segala buah-buahan.

kulit wajah

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin ini juga membantu memecah proses penuaan yang mencegah kolagen untuk terurai. Asam lemak dalam alpukat juga menjadi sumber kolagen yang dicari-cari.

Sup Kaldu

Terbuat dari tulang, sum sum, dan beberapa jaringan halus lainnya dari ayam, kalkun, atau daging sapi, sup kaldu merupakan salah satu pilihan makanan yang mengandung kolagen dan dapat langsung diserap oleh tubuh.


Salmon 

Salmon diketahui secara global sebagai makanan yang kaya nutrisi. Zink yang terkandung di salmon membantu mengaktifkan kolagen. Pada dasarnya, tipe ikan “berminyak” seperti salmon atau tuna disebut kaya akan zat aktif pembentukan kolagen.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini