Resep Cumi Cabai Garam, Hidangan Lezat untuk Temani Akhir Pekan

Vina Destya, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 298 2280187 resep-cumi-cabai-garam-hidangan-lezat-untuk-temani-akhir-pekan-jEMIJvojhf.jpg Cumi cabai garam (Foto : Instagram/@masaktv)

Hari libur sudah di depan mata. Pastinya banyak Okezoners yang ingin menghabiskan waktu untuk memanjakan diri seperti bersantai, atau membuat hidangan yang lezat. Mulai dari cemilan, atau bahkan makanan berat bisa lho dilakukan di rumah.

Salah satu hidangan yang memiliki banyak peminat adalah hidangan bercita rasa pedas. Ada banyak pula jenisnya, mulai dari yang berkuah sampai yang kering.

Kali ini Okezone akan membagikan resep cumi cabai garam yang diunggah oleh akun Instagram @masaktv. Dari namanya saja sudah dipastikan, jika hidangan ini merupakan kombinasi dari cumi-cumi, cabai, dan juga garam. Bedanya, jika biasanya cumi tepung dicocol dengan sambal botol atau sambal ulek, cumi kali ini dicampur langsung di cabai.

Berikut bahan dan langkah yang bisa Okezoners ikuti. Yuk disimak!

Bahan-bahan:

Cumi

Baca Juga : Jessica Iskandar Duduk Manja di Atas Meja, Netizen: Marimar Aww!

Cumi-cumi 300 gr

Saus tiram 1 sdm

Telur 1 butir (ambil putihnya saja)

Maizena 4 sdm

Tepung terigu 4½ sdm

Lada

Garam

Cabai merah keriting 3 buah

Cabai rawit merah 3 buah

Daun bawang 3 batang

Bawang bombay ½ suing

Bawang putih 11 siung

Langkah-langkah pembuatan:

Pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dan memotong cumi hingga membentuk seperti cincin. Tambahkan saus tiram, lada, garam, putih telur, aduk sampai merata.

Setelah semuanya tercampur, tambahkan 2 sdm tepung maizena, ½ sdm tepung terigu aduk lagi sampai rata. Setelah bahan-bahan tadi sudah selesai, siapkan bahan-bahan untuk bahan kering dalam mangkuk lain, masukkan 2 sdm tepung maizena, 2 sdm tepung terigu, aduk sebentar sampai kedua tepung tersebut tercampur.

Kemudian masukan cumi yang sebelumnya sudah dibumbui tersebut ke dalam bahan kering satu persatu, balut cumi sampai bahan kering menempel pada setiap bagian cumi.

Untuk menggoreng cumi, minyak yang dibutuhkan cukup banyak supaya cumi tepung matang secara merata. Setelah minyak panas, masukkan cumi dan goreng sampai berwarna coklat keemasan.

Sekarang saatnya membuat bumbu cabai garam, yang perlu dilakukan adalah panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bawang putih yang sebelumnya sudah dicincang terlebih dahulu. Masak sampai harus, selanjutnya masukkan bawang bombay, cabe rawit, cabe merah keriting, daun bawang, tumis sebentar.

Lalu masukkan bintang utama hidangan kali ini, yaitu cumi tepung. Tambahkan lada, garam, dan gula, aduk-aduk sampai semua merata.

Cumi cabai garam

Cumi cabai garam sudah selesai, mudah kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini