Beautypedia: Apa Itu Maskara?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 611 2279823 beautypedia-apa-itu-maskara-KpnDWgSwR2.jpg Ilustrasi (Foto : Newsweek)

Memiliki bulu mata yang indah dan cetar membahana merupakan salah satu idaman para wanita. Namun sayangnya, tidak semua wanita memiliki bulu mata yang lentik dan panjang.

Namun, hal tersebut bukanlah penghalang kamu untuk tetap tampil cantik, karena selalu ada solusi untuk setiap permasalahan. Gampangnya, kamu bisa menggunakan maskara untuk mendapatkan tampilan bulu mata yang indah.

Kok bisa? Memangnya maskara itu apa sih? Melansir Byrdie pada Jumat (18/9/2020), maskara merupakan bagian dari makeup yang digunakan pada bulu mata untuk memanjangkan, menguatkan, serta membuat bulu mata keriting indah.

Maskara

Maskara terbuat dari kombinasi minyak dan lilin yang dapat memberikan konsistensi, pigmen, serta warnanya. Maskara juga dapat mengandung bahan kimia pengawet yang dimaksudkan untuk membantu mencegah penggumpalan maupun noda.

Menariknya, ternyata maskara telah digunakan sejak zaman kuno. Orang Mesir (diikuti oleh orang Yunani dan Romawi) menggunakan kohl untuk menggelapkan bulu mata, alis, dan kelopak mata mereka untuk mengusir roh jahat.

Meskipun maskara mungkin tidak lagi digunakan untuk menghalau roh jahat, ada beberapa yang memiliki bahan yang lebih sehat daripada yang lain. Hampir semua maskara mengandung besi oksida (senyawa kimia yang dianggap tidak beracun dan sering digunakan bersama dengan titanium dioksida).

Baca Juga : Jessica Iskandar Duduk Manja di Atas Meja, Netizen: Marimar Aww!

Minyak yang digunakan dalam maskara antara lain bahan alami seperti minyak kayu putih, minyak biji wijen, dan lanolin. Lilin lebah dan lilin karnauba sering digunakan untuk membantu konsistensi, dan maskara yang berkilau atau berkilau juga termasuk sisik ikan (yang juga merupakan bahan umum dalam lipstik).

Jika kamu adalah tipe orang yang memakai maskara setiap hari, ada baiknya kamu berinvestasi untuk maskara yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Sebelum membeli maskara, ada baiknya kamu meluangkan waktu sejenak untuk membaca daftar bahan sebelum membeli. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikan formula ataupun intensitas yang dihasilkan sesuai kebutuhanmu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini