3 Trik Menghilangkan Bau Jengkol, Tak Merusak Rasa Kok

Anabel Lerric, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 298 2280524 3-trik-menghilangkan-bau-jengkol-tak-merusak-rasa-kok-gEhWoV5Nto.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JENGKOL mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Banyak orang menyukai jengkol yang telah diolah, namun tidak sedikit yang juga menghindari karena baunya yang menyengat.

Semur jengkol, jengkol balado, jengkol pedas manis dan beberapa olahan jengkol akan terasa semakin lezat jika Anda mengolah jengkol dengan benar. Nah @kokikutv memberikan beberapa tips mengolah jengkol agar tidak bau.

Pilih jengkol yang berkualitas, segar dan tua

Pilihlah jengkol yang baik dan tua yang kulit arinya berwarna cokelat gelap dan bertekstur keras ketika dibelah daging jengkol tua berwarna kuning dan teksturnya lembut. Jengkol tua tidak begitu bau dibandingkan jengkol muda.

jengkol

Rendam jengkol dalam air es atau air kapur sirih

Cara merendam diyakini bisa menghilangkan bau tak sedap jengkol dan menetralisir rasanya. Untuk menghilangkan baunya jengkol, rendam dengan air dingin atau air es selama semalaman. Anda juga bisa merendam jengkol dengan air kapur sirih atau susu.

Rebus dengan daun jeruk purut dan daun jambu biji

Cara memasak jengkol dengan benar agar tidak bau yaitu rebus dengan daun jeruk dan jambu biji. Tidak hanya menghilangkan bau ini juga dapat menghilangkan rasa pahit pada jengkol. Dan jangan rebus jengkol terlalu lama agar tidak hancur.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini