4 Manfaat Madu untuk Kecantikan, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 481 2280582 4-manfaat-madu-untuk-kecantikan-apa-saja-kgRkZh2YRr.jpg Ilustrasi madu (Foto: Freepik)

Selama ini madu dikenal sebagai alternatif pengobatan. Ternyata, fungsi madu tak hanya sebatas itu. Madu juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan.

Madu dapat merawat kulit sehingga Anda tampak awet muda. Madu juga merupakan salah satu pelembab alami terbaik untuk kulit. Ini menjadikan kulit Anda lembut, halus, serta bercahaya.

Ilustrasi madu

Baca juga: Anya Geraldine Tanya Soal Odading, Jawaban Netizen Bikin Geleng-Geleng Kepala!

Melansir Boldsky pada Minggu (20/9/2020), berikut 4 manfaat madu untuk kecantikan.

1. Sebagai pelembab

Sifat emolien dari madu menjadikannya pelembab yang bagus untuk kulit. Ini mengunci kelembapan di kulit dan membuatnya lembut dan terhidrasi. Ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering.

Caranya, hangatkan 1 sendok makan madu di sela-sela telapak tangan Anda. Oleskan ke seluruh wajah Anda. Biarkan selama 15-20 menit. Bilas hingga bersih. Gunakan obat ini setiap hari untuk mendapatkan kulit lembut dan lembab.

2. Sebagai Exfoliate

Madu adalah exfoliator yang lembut untuk kulit. Memijatnya ke kulit dapat menghilangkan sel kulit mati dan kotoran lainnya dari pori-pori kulit Anda sehingga bersih dan halus. Sifat antibakteri dari soda kue mencegah bakteri berbahaya. Obat ini sangat ideal untuk menjaga kulit Anda tetap segar dan cantik.

Yang Anda butuhkan adalah 1 sendok makan madu madu dan 2 sendok makan madu soda kue. Caranya, campurkan madu dan soda kue dalam mangkuk. Ambil campuran ini dalam jumlah yang banyak dan gunakan untuk menggosok wajah Anda dengan gerakan melingkar.

Gosok wajah Anda selama 3-5 menit dan bilas hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan pelembab setelah melakukan perawatan ini. Gunakan obat ini 1-2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Melembutkan bibir

Madu yang dicampur dengan gula akan menghasilkan scrub yang sempurna guna menghilangkan kulit mati dan bersisik dari bibir Anda sehingga lembut dan halus. Madu menambah kelembapan pada bibir sementara tekstur gula yang kasar membantu menggosok kulit yang pecah-pecah.

Ilustrasi madu 

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Campurkan 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh gula pasir ke dalam mangkuk. Campurkan kedua bahan untuk mendapatkan tekstur yang kasar. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah Anda.

Gosok bibir Anda menggunakan campuran kasar ini selama 3-5 menit. Diamkan campuran di bibir Anda selama 10 menit. Bilas sampai bersih dan keringkan. Gunakan obat ini 1-2 kali seminggu untuk bibir lembut dan indah.

4. Untuk Memerangi Jerawat

Jerawat merupakan mimpi buruk bagi setiap orang. Sayangnya, hampir setiap orang pasti pernah mengalami jerawat. Tak perlu khawatir, karena madu bisa membantu merawat jerawat tersebut.

Kaya dengan khasiat antibakteri, madu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, mengakhiri kondisi kulit. Selain itu, sifat anti-inflamasi madu membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh jerawat.

ilustrasi madu 

Anda cukup membutuhkan 1-2 sendok makan madu saja. Caranya, cuci wajah Anda dengan pembersih lembut dan air hangat. Tepuk-tepuk wajah Anda dan tunggu sampai benar-benar kering.

Oleskan madu secara merata di wajah dan leher Anda. Biarkan selama 15-20 menit. Bilas hingga bersih. Gunakan obat ini setiap hari sampai jerawat mulai mereda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini