PSBB Total, Ingat 7 Protokol Kesehatan di Kendaraan Umum dari dr Reisa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 481 2280587 psbb-total-ingat-7-protokol-kesehatan-di-kendaraan-umum-dari-dr-reisa-4SUZpnHYh1.jpg Ilustrasi penerapan protokol kesehatan di stasiun (Foto: Dok Okezone)

Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah DKI Jakarta kembali memberlakukan PSBB total. Hal ini dilakukan untuk menekan penularan Covid-19.

Meskipun sudah diberlakukan PSBB kembali, keperluan untuk ke luar rumah sepertinya tak terhindarkan. Misalnya pergi ke kantor untuk bekerja dengan naik kendaraan umum.

Supaya Anda aman dari Covid-19, berikut tujuh protokol kesehatan saat berada di kendaraan umum yang wajib diterapkan untuk mencegah penularan Covid-19 sesuai anjuran dr. Reisa Broto Asmoro. Apa saja?

Ilustrasi di kendaraan umum 

Baca juga: Cantiknya Nia Ramadhani di Pemotretan Terbaru, Bra Merahnya Ngintip!

1. Memastikan diri dalam kondisi yang sehat. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek atau nyeri tenggorokan atau bahkan sesak napas tetaplah di rumah.

2. Jika benar-benar memerlukan transportasi umum, disarankan menggunakan kendaraan umum yang berpenumpang terbatas. Dengan memberikan informasi kepada supir terlebih dahulu untuk dilakukan upaya pencegahan penularan.

3. Wajib menggunakan masker saat perjalanan dan selama berada di moda transportasi.

4. Menjaga kebersihan tangan dengan sering cuci tangan atau minimal menggunakan handsanitizer.

Ilustrasi di kendaraan umum 

5. Hindari menyentuh daerah wajah seperti mata, hidung dan mulut terutama kalau tangan dalam kondisi kotor.

6. Tetap perhatikan jaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain.

7. Jika kondisi kendaraan umum padat dan penerapan jaga jarak sulit diterapkan, penggunaan pelindung wajah atau face shield bersama masker sangat di rekomendasikan sebagai perlindungan tambahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini