Sebelum Positif Kena Covid-19, Elvy Sukaesih Sempat Tidak Bisa Cium Bau

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 19 September 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 612 2280539 sebelum-positif-kena-covid-19-elvy-sukaesih-sempat-tidak-bisa-cium-bau-3YK0tJ6Oy0.jpg Elvy Sukaesih. (Foto: Okezone)

RATU Dangdut Elvy Sukaesih dikabarkan terinfeksi Covid-19 sekitar sebulan lalu. Informasi ini disampaikan anaknya, Fitri Sukaesih, lewat akun Instagram pribadinya.

Dalam keterangannya, Elvy Sukaesih kini dalam kondisi sehat, meski tetap harus menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari usai dirawat di RSPI Bintaro selama 19 hari.

Peristiwa ini mengagetkan keluarga Elvy Sukaesih, terlebih menurut Fitri, keluarganya tidak ada yang keluar rumah selama pandemi ini. Meski, ada momen keluarga mereka jalan-jalan ke Puncak saat liburan Idul Adha.

"Di momen itu juga Umi sekalian promosi lagu terbarunya di radio. Selebihnya, kami benar-benar di rumah mengikuti anjuran pemerintah," kata Fitri.

Di video tersebut, Fitri coba menjelaskan gejala apa yang dialami uminya itu. Pertama, Elvy Sukaesih mengeluhkan demam dan mual. Lalu, sempat Elvy mengeluhkan berkurangnya kemampuan indera penciumannya yang mana ini sangat khas dari penyakit Covid-19. "Saat dengar umi enggak bisa nyium bau, langsung terpikirkan gejala Covid-19. Tapi, kami awalnya merasa umi tifus," kata Fitri.

Tapi, berdasar hasil laboratorium, kondisi yang dialami Elvy tidak mengarah ke demam tifus, tetapi Covid-19. Karena itu, pihak rumah sakit meminta Elvy untuk di-swab. Sebelum tindakan itu dilakukan, Elvy dibawa pulang Fitri.

"Umi kami istirahatkan di kamar bawah. Esok harinya, saya minta umi swab, umi kaget, tapi karena diberi penjelasan, umi mau dan besoknya hasil keluar dan dinyatakan umi positif," papar Fitri.

Dalam pemeriksaan lanjutan, hasil torax Elvy Sukaesih diketahui memang sudah ada flek paru-paru dan mengalami pengentalan darah. Umi pun, lanjut Fitri, sempat mengeluhkan lemas. "Tapi, Alhamdulillah, umi enggak ngalamin sesak napas," ceritanya.

Setelah itu, pihak keluarga langsung tracing siapa saja orang yang bertemu dengan Elvy Sukaesih. Selain keluarga besar, dilakukan juga tracing ke pihak radio yang sempat umi temui. "Alhamdulillah semuanya melakukan swab dan hasilnya negatif," kata Fitri.

Di momen tersebut, Fitri meminta maaf atas nama keluarga besar Elvy Sukaesih karena baru memberi tahu kabar ini. Alasan dia cukup jelas, untuk menjaga ketenangan semua pihak dan tidak ingin membuat suasana menjadi gaduh.

Tidak hanya itu, Fitri pun mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sebab, penyakit ini benar ada dan harus disikapi dengan benar.

"Kita enggak bisa anggap enteng (penyakit ini) dan ini enggak bisa kita biarkan terus berlanjut. Diperlukan kesadaran kita semua untuk bisa menyelesaikan masalah ini. Mari kita sama-sama memilki kesadaran yang tinggi dan semoga Allah memberi kesehatan untuk kita semua," tuturnya menutup video.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini