5 Tanda Kamu Berhubungan dengan Teman Toxic, Waspadalah!

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 19 612 2280591 5-tanda-kamu-berhubungan-dengan-teman-toxic-waspadalah-Q6A8TZ4G92.jpg Ilustrasi pertemanan (Foto: Freepik)

Dalam hubungan pertemanan memang tidak selalu mulus dan menyenangkan. Bersama teman memang ada suka dan duka, tak melulu mengasyikkan.

Namun jika dalam hubungan pertemanan, kamu mulai merasa tertekan dan tidak bahagia, jangan-jangan teman kamu toxic? Untuk mengetahui ciri-cirinya, simak ya tanda-tandanya berikut ini dilansir dari Women Health.

1. Kamu merasa lelah secara fisik dan emosional

Saat berteman dengannya kamu sering merasa lelah secara fisik dan emosional. Sebab temanmu selalu membutuhkan perhatian dari kamu selama 24 jam. Kamu sering kali dipaksa untuk menemaninya berjam-jam, atau dia meneleponmu berjam-jam hanya untuk mengeluhkan kesukaran dan masalah hidupnya.

Namun di sisi lain, temanmu tak peduli bahwa kamu butuh bekerja, butuh me time, dan butuh sendiri. Dia tidak peduli dengan kebutuhanmu, dia ingin kamu selalu ada untuknya tanpa memikirkan dirimu.

Ilustrasi pertemanan 

Baca juga: Shafa Harris Pakai Bikini, Netizen: Kulitnya Licin Bersih Kayak Perosotan TK

2. Kamu tak menikmati waktu bersama dengannya

Kamu tak menikmati waktu bersama dengannya seharian mesti mendengar keluh kesah temanmu. Dia juga tak memberikan waktu bercerita untuk kamu. Dan hal tersebut itulah yang buat kamu tidak nyaman.

3. Kamu tak jadi diri sendiri saat bersama dia

Seorang teman beracun memiliki kemampuan untuk menyebarkan toksisitasnya kepada orang lain. Ketika kamu bersama orang itu, maka kamu juga bisa terpengaruh perilaku beracunnya. Misalnya kamu jadi terlalu banyak minum alkohol, bergosip dan menjelek-jelekkan orang lain, bahkan kamu bisa saja begadang dan galau tak jelas. Temanmu itu benar-benar toxic ya.

4. Dia selalu cemburu

Adanya kompetisi sesekali memang tidak masalah bahkan ini sangat baik. Tapi kalau temanmu menganggap kamu sebagai kompetitor hidupnya dan selalu cemburu dengan pencapaianmu maka ini menyedihkan.

Dia selalu cemburu saat kamu dapat kerja yang lebih baik, pacar yang lebih asyik. Sebaiknya tinggalkan saja teman toxic semacam itu.

Ilustrasi pertemanan 

5. Kamu selalu ada untuknya, tapi dia tak pernah membantumu

Jika temanmu sepertinya selalu membutuhkan bantuan kamu, tetapi tidak dapat membalas bahkan bantuan sekecil apa pun, maka kemungkinan itu adalah racun. Sebab, ini tidak seimbang besar antara apa yang Anda berikan dan apa yang Anda dapatkan, jadi ini jelas kamu dalam hubungan toxic friend.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini