Kencan Online, Ini 6 Tips agar Anda Tetap Aman

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 196 2280702 kencan-online-ini-6-tips-agar-anda-tetap-aman-f300uiDvb4.jpg Kencan online (Foto: News 18)

Kencan online terus tumbuh dalam popularitas dan terus berkembang. Pada tahun-tahun sebelumnya, situs web seperti eHarmony, Match.com, dan Plenty of Fish, mendominasi dunia kencan online.

Saat ini, aplikasi seluler seperti Tinder, Bumble.com, dan Hinge, kencan online berubah untuk membantu Anda menemukan jodoh lebih mudah dan lebih cepat dari sebelumnya.

Faktanya, kencan online telah menjadi sangat populer sehingga, menurut Match.com, 53% lajang menemukan pasangan. Meskipun berkencan itu menyenangkan, penting untuk diingat agar Anda bisa tetap aman saat bertemu dengan kencan online Anda yang baru saja Anda kenal.

Melansir Safety.com pada Minggu (20/9/2020), berikut 6 tips yang harus Anda perhatikan agar kencan online berjalan dengan aman dan nyaman.

 kencan online

1. Lakukan riset

Lakukan pencarian Google sederhana sebelum bertemu teman kencan Anda. Itu tidak berarti menjadi penguntit, hanya saja memastikan Anda setidaknya tahu siapa orang tersebut sebelum Anda bertemu dengannya. Jika memungkinkan, cobalah mencari gambar dan lihat informasi tambahan apa yang muncul tentang orang di luar Facebook dan Instagram.

2. Lakukan video chat sebelum ketemu

Saat ini, ada banyak cara untuk melakukan obrolan video dengan kemampuan untuk menggunakan FaceTime, Google Hangouts, Skype, dan bahkan Facebook untuk panggilan video.

Ada baiknya untuk melihat sekilas tentang teman kencan Anda sebelum bertemu dengannya.

Baca juga: PSBB ala Yuni Shara, Mainan Tanaman di Pekarangan

3. Ngobrol Lewat Telepon

Gunakan gaya "kuno" dan hubungi melalui telepon sebelum kencan. Mengapa ini ide yang bagus? Berbicara melalui telepon memungkinkan Anda untuk mendengar orang lain dan menangkap isyarat verbal tertentu yang mungkin disembunyikan melalui pesan instan atau teks.

Selain itu, ini memberi Anda kesempatan untuk merasakan orang tersebut lebih baik sebelum pertemuan pertama Anda nantinya.

4. Jangan terlalu banyak memberitahu info pribadi

Berhati-hatilah dengan informasi yang Anda bagikan. Jangan memberitahukan tempat yang biasa Anda kunjungi, lokasi anggota keluarga Anda, tanggal lahir Anda, dan informasi pribadi lainnya dengan begitu cepat.

Setelah Anda dan teman kencan Anda lebih mengenal satu sama lain dan merasa lebih nyaman, Anda bisa berbagi lebih banyak tentang diri Anda.

5. Bertemu di tempat umum

Untuk kencan pertama atau kedua, hindari pergi ke tempat pribadi dengan teman kencan Anda seperti kos atau aparteman. Alih-alih, temuilah di tempat umum yang banyak orangnya, seperti restoran, kafe, arena skating, atau tempat lain yang biasanya ramai dikunjungi.

Jika Anda merasa tidak nyaman, akan ada orang lain di sekitar yang bisa membantu. Selain itu, ini memberi anggota keluarga atau teman kesempatan untuk hadir atau berada di sekitar jika terjadi kesalahan. Sebagai tip bagus lainnya, jika Anda mengunjungi bar atau restoran, beri tahu bartender atau pelayan jika ada yang tidak beres.

6. Jangan mau dijemput

Jangan menerima tawaran mereka untuk menjemput Anda jika Anda di kencan pertama. Karena ini akan membuat mereka mengetahui lokasi tempat tinggal Anda, dan juga untuk meminimalisir kejadian jika Anda dibawa olehnya ke suatu tempat untuk tindak kejahatan.

Untuk itu, lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum ke tempat publik dimana Anda janjian untuk bertemu sebagai hari kencan pertama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini