5 Manfaat Jahe di Tengah Pandemi Covid-19, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 298 2280655 5-manfaat-jahe-di-tengah-pandemi-covid-19-apa-saja-OPAPUhnpPP.jpg Manfaat jahe (Foto: Medical News Today)

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jahe selain bisa menghangatkan tubuh saat kedinginan juga punya manfaat lainnya.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pamor jahe pun semakin meningkat. Sebab jahe punya manfaat antiinflamasi dan antibakteri.

Seperti dilansir dari laman Lifealth, berikut ini manfaat jahe yang perlu kamu tahu.

 minum jahe

1. Punya efek anti-inflamasi

Jahe mengandung gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi. Konsumsi rutin akan mengurangi rasa sakit pada pasien yang menderita osteoporosis. Menurut sebuah penelitian pada 247 pasien osteoporosis, lebih sedikit obat nyeri yang dibutuhkan pasien yang mengonsumsi ekstrak jahe, dan mereka juga jarang merasa sakit.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena membersihkan sistem limfatik. Ini memecah toksin yang terkumpul di organ dan membuat tubuh tetap hangat. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jahe juga meningkatkan kesehatan pernapasan. Nah, jahe ini sangat cocok dikonsumsi dui tengah pandemi Covid-19 ya.

3. Melawan Radikal Bebas

Kopi dan jahe membantu melawan radikal bebas. Hal ini karena jahe dan kopi memiliki antioksidan. Jadi, cukup menambahkan jahe ke kopi. Mungkin terdengar sedikit berbeda, tetapi memiliki semua manfaat untuk kesehatan Anda.

4. Merilekskan tubuh

Orang-orang benar-benar menikmati secangkir minuman jahe di pagi hari. Ini juga baik untuk kesehatan Anda. Minuman ini tidak hanya merilekskan tubuh Anda, tetapi juga merilekskan perut Anda. Secangkir air jahe juga membantu menghilangkan rasa lelah.

 Baca juga: PSBB ala Yuni Shara, Mainan Tanaman di Pekarangan

5. Tingkatkan metabolisme

Untuk hidup sehat, metabolisme yang sehat adalah suatu keharusan. Untuk ini, Anda bisa menambahkan air jahe ke rutinitas pagi. Minum air jahe akan membantu melawan bakteri. Minum air jahe juga merilekskan tubuh, terutama selama periode menstruasi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini