4 Cara Bikin Daging Kambing Empuk dan Lezat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 298 2280807 4-cara-bikin-daging-kambing-empuk-dan-lezat-DiAmFfcd0j.jpg Masak daging kambing (Foto: PInterest)

Masyarakat sangat menggemari daging kambing maupun daging sapi. Biasanya kedua daging itu diolah menjadi sop maupun sate.

Namun mengolah daging kambing agar empuk memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu butuh trik agar daging kambing yang telah matang bisa empuk dan tidak alot.

 daging

1. Belilah daging kambing segar

Pastikan Anda memperoleh daging kambing yang akan diolah menjadi masakan ini berasal dari tempat dan penjual yang menyediakan daging kambing segar, bukan yang dibekukan.

Daging yang tidak dikemas atau dibekukan dengan cara yang tidak tepat serta dalam waktu yang terlalu lama, nantinya akan bisa mempengaruhi rasa dan tingkat kesulitan saat dipotong.

Baca juga: PSBB ala Yuni Shara, Mainan Tanaman di Pekarangan

2. Pukul-pukul daging kambing dengan palu pelembut

Langkah selanjutnya ialah dengan membuat daging kambing lebih mudah saat dimasak, ialah dengan cara manual yakni dengan memukul-memukul daging kambing dengan palu pelembut atau menyayatnya dengan pisau sebelum memulai memasak daging kambing.

Cara ini akan membuat daging kambing menjadi rata sekaligus untuk menghancurkan serat-serat otot dan struktur daging kambing, di mana serat-serat otot dan struktur inilah yang membuat daging kambing yang sebenarnya rendah akan lemak bisa menjadi keras sehingga sulit untuk dikunyah.

3. Lakukan marinasi daging kambing

Untuk membuat rasa bumbu masuk meresap ke dalam daging kambing dengan sempurna, pilihlah metode marinasi atau merendam daging dengan cairan bumbu daripada hanya sekedar melakukan dry rub atau membalurkan bumbu ke area daging.

Proses marinasi atau merendam daging yang sebelumnya sudah disayat-sayat, akan membuat cairan rendaman akan bisa masuk berpindah lebih mudah ke dalam daging kambing.

Situs Allrecipes sendiri menyarankan untuk melakukan proses merendam daging kambing ini, dengan periode waktu semalaman dan juga menggunakan bahan-bahan alami yang punya kandungan enzim seperti kiwi, pepaya, atau nanas mentah untuk membantu memecah struktur protein yang ada pada daging kambing.

4. Pakai metode slow cooking

Saat memasak daging satu ini, disebutkan lebih baik menggunakan teknik metode slow cooking daripada high heat yakni dengan cara grill alias dipanggang atau pan-frying.

Metode slow cooking dengan menggunakan api yang kecil dengan waktu memasak yang lama, akan membantu melunakkan daging kambing sehingga nantinya saat dikunyah maka daging akan terasa lunak atau empuk.

Pilihan mengolah daging kambing menjadi sop atau jenis rebusan yang lainnya juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisa memaksimalkan potensi daging kambing menjadi sebuah hidangan. Demikian seperti disitat Leaftv.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini