Mau Belanja Akhir Pekan, Perhatikan Protokol Kesehatan Berikut Ini Ya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 481 2280696 mau-belanja-akhir-pekan-perhatikan-protokol-kesehatan-berikut-ini-ya-896CiCmxZ9.jpg Belanja pakai masker (Foto: The Cornell Daily Sun)

Akhir pekan atau weekend memang waktu yang tepat untuk berbelanja. Pasalnya, jika Anda berbelanja di hari libur, Anda memiliki waktu yang lebih untuk leluasa memilih produk yang dibutuhkan.

Akan tetapi, di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini Anda diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan guna menurunkan risiko penularan Covid-19.

Memangnya apa saja sih yang harus diterapkan ketika berbelanja agar tetap aman? Mengutip akun Instagram resmi Kementerian Perdagangan pada Minggu (20/9/2020), berikut tipsnya.

 pakai masker

1. Menggunakan masker

Masker sudah menjadi benda yang wajib dibawa saat beraktivitas di luar rumah ya Okezoners. Ingat, jangan pernah melepaskan masker Anda saat berada di keramaian.

Bawalah masker cadangan untuk mengganti masker Anda jika ditemukan sudah kotor, basah, atau pun terkontaminasi dengan benda lainnya. Selain itu, jangan menyentuh masker bagian depan ketika Anda ingin menggantinya, melainkan lepaskan masker dari tali bagian samping.

2. Jaga jarak

Menjaga jarak antara sesama enggak kalah pentingnya dengan pakai masker. Jadi, dimana pun Anda berada, tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter ya Okezoners.

Hal ini dilakukan guna mencegah paparan droplet yang bisa ditimbulkan dari berbicara, bersin, maupun batuk. Jadi, jika physical distancing bisa diterapkan, belanja jadi aman dan nyaman bukan?

Baca juga: PSBB ala Yuni Shara, Mainan Tanaman di Pekarangan

3. Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

Ketika usai memasuki sebuah toko dan menyentuh barang-barang dagangan, langsung cari sarana cuci tangan ya Okezoners. Jika tidak ditemukan tempat cuci tangan, bawalah hand sanitizer dari rumah dan gunakan sesaat setelah menyentuh benda yang banyak dipegang oleh publik.

4. Gunakan transaksi non tunai

Di masa pandemi ini, usahakan untuk menggunakan transaksi elektronik atau non tunai ya Okezoners. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya perputaran uang yang sudah disentuh banyak orang. Karena, kita tak pernah tahu bukan di mana uang yang sudah terpapar bakteri atau virus dan mana yang belum.

5. Belanja online

Jika Anda ingin berbelanja tetapi keadaan tidak memungkinkan untuk bepergian karena sakit, usahakan untuk berbelanja secara online saja ya Okezoners. Selain berisiko menularkan penyakit ke orang lain, ini juga berbahaya buat kesehatan Anda jika beraktivitas disaat sedang tidak enak badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini