4 Manfaat Madu untuk Kecantikan, Salah Satunya Bikin Kulit Glowing

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 611 2280796 4-manfaat-madu-untuk-kecantikan-salah-satunya-bikin-kulit-glowing-YripRdqzQ1.jpg Madu gula dan lemon (Foto: Health World Journal)

Tahukah Anda bahwa ternyata madu juga memiliki manfaat untuk kecantikan? Madu memiliki sifat emolien yang menjadikannya pelembab yang bagus untuk kulit. Jika kulit sudah lembab, tentu akan terlihat glowing alias bercahaya.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh madu untuk kecantikan. Melansir Boldsky, berikut 4 manfaat madu yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh kulit cantik yang alami.

 madu

1. Madu untuk mendapatkan kulit glowing alami

Anda akan menyukai obat alami ini jika Anda sering mengalami kulit kusam. Madu melembabkan dan menutrisi kulit, sedangkan lemon, sebagai salah satu agen pencerah kulit terbaik, menambah kilau alami pada kulit.

Jika digabungkan, kedua bahan ini memberi Anda cara ampuh untuk mendapatkan kulit glowing alias bercahaya. Yang Anda butuhkan adalah 1 sdm madu dan 1 sdt jus lemon. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut sehingga mendapatkan tekstur yang halus.

Oleskan campuran tersebut di wajah Anda. Biarkan selama 15-20 menit. Bilas hingga bersih. Gunakan obat alami ini 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit bercahaya.

 Baca juga: PSBB ala Yuni Shara, Mainan Tanaman di Pekarangan

2. Untuk menenangkan kulit terbakar

Untuk luka bakar akibat sinar matahari yang bikin tak nyaman dan menyakitkan, madu adalah solusi terbaik. Madu memiliki sifat emolien, anti-inflamasi, dan penyembuhan luka yang menenangkan kulit dan memberikan kelegaan luar biasa dari rasa sakit akibat sengatan matahari.

Caranya, oleskan madu ke area yang terkena. Pijat madu ke kulit Anda dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama 10-15 menit. Bilas hingga bersih. Gunakan obat ini setiap hari sampai rasa sakit dan iritasi hilang.

 

3. Untuk mengatasi hiperpigmentasi

Baik madu dan minyak kelapa, keduanya mengandung khasiat penyembuhan dan emolien yang bekerja untuk menyegarkan dan mencerahkan kulit untuk mengalahkan hiperpigmentasi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Siapkan 1 sdt madu dan 1 sdt minyak kelapa. Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk. Basahi wajah Anda dan oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah Anda. Pijat wajah Anda dengan lembut selama beberapa menit. Bilas hingga bersih. Gunakan obat ini setiap hari sampai Anda melihat perbedaannya.

4. Untuk mengobati komedo

Madu yang dicampur dengan lemon dan gula dapat menghasilkan scrub yang dapat menarik kotoran dari pori-pori Anda, membuka sumbatannya dan menghilangkan komedo Anda hanya dengan beberapa kali penggunaan.

Caranya, campurkan 1 sdm madu, 1 sdm gula merah, dan 2 sdm jus lemon ke dalam mangkuk hingga menghasilkan tekstur yang kasar.

Oleskan campuran tersebut pada area yang terkena dan gosok kulit Anda dengan gerakan memutar selama sekitar 5 menit. Bilas hingga bersih. Gunakan obat ini 1-2 kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini