Mengukur Risiko Tertular Corona, dari Pernikahan hingga Naik Pesawat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 02:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 612 2280608 mengukur-risiko-tertular-corona-dari-pernikahan-hingga-naik-pesawat-GgiXnv3hSa.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERSEBARAN virus corona Covid-19 di Indonesia semakin meningkat setiap harinya. Bahkan, perkantoran, transportasi umum, hingga yang keluarga telah menjadi tempat persebaran virus tersebut. Pasalnya, manusia sebagai makhluk sosial memang sulit jika tidak melakukan sosialisasi dengan orang lain. Apalagi bagi orang Indonesia yang gemar berkumpul.

Dalam laporan Huffpost, aktivitas pertama yang sangat rentan menyebarkan virus dari satu orang ke orang lain adalah klub malam. Tidak hanya itu, aktivitas yang rentang menyebarkan virus ialah menonton konser atau hangout bersama teman, menghadiri pesta dalam ruangan, mengunjungi bar dalam ruangan, datang ke acara olahraga, dan mengunjungi tempat ibadah.

Selain kegiatan di atas, ada juga yang dikhawatirkan berisiko yaitu menghadiri acara pernikahan, pemakaman, berpelukan, berjabat tangan, melepas masker di sembarang tempat, pergi dengan orang baru, datangi taman hiburan, dan makan di prasmanan.

Sementara aktivitas berisiko menengah, sebut saja menginap di hotel, mengadakan pesta makan malam di ruangan kecil, berenang di kolam renang umum, belanja di swalayan, potong rambut, naik pesawat, dan sekolah.

Namun, ada juga aktivitas yang sangat kecil risikonya terpapar Covid-19, yaitu beli makanan di restoran tapi makannya di rumah, berolahraga di luar ruangan, bermain tenis, golf, membiarkan teman mandi di kamar mandi rumah Anda, pergi ke pom bensin, berkemah, dan membiarkan anak bermain dengan yang lebih tua.

Baca Selengkapnya: 7 Aktivitas Ini Lebih Mudah Picu Seseorang Terinfeksi Covid-19

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini