5 Cara Bantu Anak Belajar dengan Baik Selama Pandemi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 21 September 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 196 2281287 5-cara-bantu-anak-belajar-dengan-baik-selama-pandemi-aje3EAX8jM.jpg (Foto: Potential)

Kasus Covid-19 masih terus bertambah membuat pemerintah harus tetap memberlakukan sistem belajar dari rumah. Terlalu lama melaksanakan sistem belajar seperti ini tentu berdampak pada psikis anak.

Anak yang sudah mulai jenuh melakukan kegiatan sekolah dari rumah ini akan menimbulkan masalah lain. Mulai dari rasa kesepian karena tidak bisa bertemu teman-temannya, hingga sulit konsentrasi saat menerima pelajaran.

Jika sudah demikian, maka nilai si anak pun bisa menurun. Karena itu, melansir Times of India, berikut 5 cara untuk membantu anak belajar dengan baik selama pandemi berlangsung.

Kurangi aplikasi yang mengganggu selama kelas online

Seiring media pembelajaran bergeser menjadi online, orangtua harus memastikan bahwa anak-anak tidak menggunakan platform olahpesan atau bermain game saat mengambil kelas online.

Mengambil kelas virtual mungkin memerlukan perhatian lebih dari biasanya, oleh karena itu, menghapus aplikasi yang mengganggu dari laptop yang mereka gunakan untuk belajar atau menyisihkan ponsel cerdas mereka selama kelas berlangsung dapat menjadi pilihan.

Tentukan tempat saat kelas virtual berlangsung

Anak Anda akan menghabiskan beberapa jam di depan laptop, jadi yang terbaik adalah memastikan tempat yang tetap sama setiap kelas online berlangsung.

Pastikan tempat tersebut tenang, nyaman dan bebas dari gangguan apa pun. Meja dan kursi yang digunakan anak Anda juga harus nyaman untuk duduk berjam-jam.

 Kasus Covid-19 masih terus bertambah membuat pemerintah harus tetap memberlakukan sistem belajar dari rumah.

Baca juga: Es Pallu Butung, Kuliner Segar Makassar Cocok Disantap Temani Makan Siang

Periksa kesalahan teknis

Dari masalah konektivitas internet hingga audio yang buruk, mungkin ada banyak gangguan teknis yang dapat menghambat pengalaman belajar anak Anda. Pastikan untuk mengatasi masalah ini sebelumnya agar proses belajar menjadi nyaman tanpa kendala.

Pantau kemajuan mereka

Ajukan pertanyaan yang sering diajukan tentang apa yang anak Anda pelajari di kelas mereka. Luangkan waktu selama waktu istirahat mereka untuk duduk bersama dan mendiskusikan apa yang dipelajari hari ini. Diskusikan tantangan atau masalah apa pun yang mungkin dihadapi anak Anda saat mengikuti pelajaran.

Bicara tentang screen time

Maklum, jika tidak ada aktivitas di luar ruangan, anak-anak Anda mungkin tergoda untuk kembali menggunakan ponsel atau bermain game segera setelah pekerjaan rumah mereka selesai.

Penting untuk melakukan percakapan dari hati ke hati dengan anak Anda tentang dampak waktu layar yang berlebihan terhadap kesehatan mereka. Dorong anak Anda dengan lembut untuk mengembangkan kebiasaan membaca buku, itu akan sangat bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini