5 Cara Menghadapi Orang yang Sedang Marah, Dicoba Yuk

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 21 September 2020 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 196 2281288 5-cara-menghadapi-orang-yang-sedang-marah-dicoba-yuk-T0ZzJSU4LG.jpg Sedang marah (Foto: Dennis Hong's)

Saat menghadapi orang yang sedang marah-marah, kita harus bersikap lebih bijaksana. Jangan membalas kemarahan dengan kemarahan lagi sebab hal itu hanya memperkeruh suasana.

Ketika Anda berhadapan dengan orang yang sedang marah, seperti dilansir dari Yourtango, ini terdapat caranya berbicara dengan orang yang sedang marah. Apa saja?

 marah

1. Jangan bersikap reaktif

Saat Anda sedang dimarahi, berusahalah rilesk. Misalnya istirahatkan tubuh Anda untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Hitung sampai sepuluh.

Jangan terpancing oleh kemarahan walaupun kamu ditekan. Bereaksi hanya membuat Anda lemah. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyerang, cobalah tidak tertekan ego Anda sendiri.

 

2. Berlatih menahan tangan untuk texting penuh kemarahan

Jangan membalas atau merespons sama sekali jika dia sedang marah via texting. Coba tahan tangan Anda dan emosi Anda untuk menuliskan hal-hal guna membalas amarahnya. Jangan sampai Anda menuliskan hal-hal yang akhirnya membuat Anda menyesal. Apalagi sampai memaki-maki dia yang sedang marah kepadamu.

Baca juga: Kecilnya Imut, Sudah Besar Kaneishia Yusuf Cantik Ya

3. Biarkan kemarahannya mengalir

Saat seseorang sedang marah kepada Anda, maka biarkan kemarahan dia mengalir. Tak perlu Anda menyela dia agar semua segera berakhir. Tak usah berdebat atau membela diri.

4. Berempati

Cobalah berempati kepada orang yang sedang marah kepadamu. Coba cari tahu alasan dia marah kepadamu. Mungkin memang kamu berbuat salah tanpa kamu sadari.

5. Tetapkan batas 

Jika orang terus-menerus marah kepadamu hanya untuk membuang amarah yang beracun, maka Anda harus bersikap tegas. Pertama tegur dia, katakan Anda tak suka dengan sikapnya.

Namun jika dia tetap marah, maka sudah saatnya Anda mengatakan cukup. Dan segera putuskan kontak dengannya. Tak perlu kita berteman dengan orang toxic semacam itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini