5 Manfaat Rumput Gandum untuk Kesehatan, Simak Yuk!

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Senin 21 September 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 481 2281346 5-manfaat-rumput-gandum-untuk-kesehatan-simak-yuk-UgE9f4e5pX.jpg (Foto: Healthline)

Permasalahan kulit, rambut rusak dan berat badan saat ini hampir setiap orang mengalaminya. Namun tunggu dulu, terdapat jus dari bahan alami yang bisa memberikan solusi dari permasalahan kamu lho.

Jus rumput gandum adalah jawabannya. Secara ilmiah dikenal sebagai Triticum aestivum, rumput gandum digunakan oleh orang Mesir untuk bantuan kesehatan dan kecantikan di zaman kuno. Pada pertengahan tahun 1900-an, jus rumput gandum ini dipopulerkan oleh Ann Wigmore, seorang ahli Kesehatan Lithuania.

Segelas jus rumput gandum mengandung vitamin, asam amino, enzim hati, dan klorofil. Ini memiliki 98 dari 102 elemen yang ditemukan. Rumput gandum (Wheatgrass) memiliki lebih banyak Vitamin A dan C daripada jeruk dan wortel. Selain itu, jus ini sangat kaya dengan Vitamin E, K, dan B. Tidak heran para ahli kesehatan merekomendasikan jus rumput gandum untuk suplemen makanan.

Berikut 5 manfaat rumput gandum untuk Kesehatan, dikutip dari Stylecraze.

1. Mengatasi semua masalah kulit

Asupan jus rumput gandum harian baik untuk kulit berjerawat dan menghilangkan bekas luka atau noda. Selain untuk diminum, Anda juga bisa menggunakan jus ini secara eksternal. Gunakan es batu (cukup bekukan jus di dalam baki es batu) kemudian tempelkan atau oleskan ke kulit Anda untuk menghilangkan noda pada kulit.

Tambahkan segelas jus rumput gandum ke air mandi Anda dan rendam diri Anda di dalamnya (gunakan bak mandi) setidaknya selama setengah jam. Ini bisa menjadi pembersih tubuh yang baik. Itu juga dapat melawan bau badan dan ini juga bagus untuk kulit yang terbakar matahari.

2. Untuk menghindari kerusakan rambut

Khasiatnya bisa untuk setiap kerusakan rambut, seperti rambut rontok, rambut beruban prematur atau ketombe, gosokkan jus rumput gandum ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Cuci rambut Anda dengan sampo. Ini juga bagus untuk rambut kering.

3. Menurunkan berat badan

Jus rumput gandum membantu membuang racun berbahaya dari tubuh kita. Ini adalah langkah pertama untuk menurunkan berat badan. Ini juga berperan aktif untuk mengelola kelenjar tiroid, yang memperlambat metabolisme yang menyebabkan penambahan berat badan.

Dengan nilai gizinya yang kuat, segelas jus rumput gandum membantu Anda mengatasi keinginan akan makanan dan mencegah Anda sering merasa lapar.

 Permasalahan kulit, rambut rusak dan berat badan saat ini hampir setiap orang mengalaminya.

Baca juga: Es Pallu Butung, Kuliner Segar Makassar Cocok Disantap Temani Makan Siang

4. Untuk menjaga tubuh tetap sehat

Segelas jus rumput gandum ini mengandung 70 persen klorofil yang, di mana kandungan ini berfungsi untuk melawan bakteri berbahaya di tubuh dan dapat membangun sistem kekebalan tubuh kita. Jadi untuk menjauhkan penyakit dari tubuh Anda, asupan jus rumput gandum sangat berguna.

5. Untuk mencegah tubuh terkena sakit

Jus rumput gandum ini memiliki banyak sekali kandungan yang berkhasiat baik untuk tubuh Anda. Asupan jus rumput gandum secara teratur dapat mengurangi tingkat keasaman tubuh dan membantu mempertahankan alkalinitas dalam darah, hal ini dapat membantu mengurangi masalah seperti sembelit, maag, diare dan masih banyak lagi.

Tips mengkonsumsi jus rumput gandum :

Anda perlu mengonsumsi jus rumput gandum segera setelah mengekstraknya. Setiap hari di pagi hari, satu ons jus saat perut kosong sudah cukup. Jika Anda tidak tahan dengan baunya yang sangat berumput, campurkan saja dengan jus jeruk atau jus apel. Menyeruputnya perlahan selama beberapa menit akan memberi Anda hasil terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini