Berapa Lama Sih Wajarnya Umur Lipstik?

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 21 September 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 611 2281342 berapa-lama-sih-wajarnya-umur-lipstik-dBALk1HC02.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP produk pasti memiliki kedaluwarsa, termasuk produk makeup. Lantas bagaimana jika kita memakai makeup yang sudah kedaluwarsa?

Ada beberapa efek samping ketika kita memakai produk makeup yang sudah melewati batas kedaluwarsa. Wajah kita bisa jerawatan hingga yang terburuk adalah iritasi kulit.

Nah, ada baiknya Anda mengecek lagi tanggal kedaluwarsa produk makeup Anda. Jim Hammer, pakar kosmetik, pun memberikan clue berapa lama produk kecantikan dapat bertahan, seperti dilansir dari Harper's Bazaar.

Spons Make Up: bergantung pada pemakaian

Cuci dan ganti setiap minggu, karena spons make up menjadi tempat bagi bakteri untuk tumbuh.

makeup

Maskara: 3 bulan

Maskara adalah produk kosmetik yang paling cepat kedaluwarsa. Hati-hati dengan liquid eye make up Anda, karena produk jenis ini mempunyai risiko yang tinggi bila masih digunakan setelah masa kedaluwarsa. "Liquid eye make up yang kedaluwarsa dapat menyebabkan mata merah dan infeksi," papar Hammer.

Lipstik: 1 tahun

Lipstik yang sudah rusak memang tidak akan menyebabkan bahaya (tumbuhnya bakteri) langsung pada bibir, karena kebanyakan lipstik tidak mengandung air. Namun, lipstik mengandung bahan minyak yang bila dibiarkan dalam waktu lama akan berbau seperti minyak goreng yang sudah lama dan tekstur lipstiknya akan berubah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini