Ingin Bersihkan Kolam, Puluhan Koi Milik Pria Ini Malah Mati

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 21 September 2020 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 612 2281423 ingin-bersihkan-kolam-puluhan-koi-milik-pria-ini-malah-mati-ZhtCrbR5Ad.jpg Ilustrasi ikan koi (Foto: Dimas)

SEORANG pengguna media sosial Twitter, bernama Muhd Ashnur menceritakan kisah yang dialaminya beberapa waktu lalu. Ia menyewa seorang pekerja untuk membersihkan kolam ikannya secara menyeluruh.

Setelah kolam dibersihkan, semua ikan koi peliharaannya justru mati. Dalam unggahannya tersebut, pria itu mengaku sangat kesal dengan kejadian yang menimpa ikan-ikannya. Ia pun tak kuasa meluapkan emosinya melalui komentar di akun media sosialnya.

"Saya sangat marah hari ini, sampai-sampai saya bisa kehilangan akal sehat. Hari ini, saya menyewa seorang pekerja untuk membantu membersihkan kolam, dan dia membersihkannya. Semua ikan saya mati,” tulisnya, sebagaimana dilansir World of Buzz, Senin (21/9/2020).

Sekadar informasi tidak sedikit ikan mati karena pergantian air yang terjadi saat membersihkan kolam. Oleh sebab itu disarankan untuk tidak pernah mengganti air secara penuh dan menyisakan setidaknya 50 persen air lama dan menggabungkannya dengan air baru.

Saat seseorang melakukan penggantian air sepenuhnya, kemungkinan besar perubahan pH dan suhu air dapat menyebabkan ikan menjadi kaget dan mati. Tidak hanya ikan yang mati, namun seseorang juga bisa menderita kerugian materi yang cukup banyak.

Alhasil beberapa netizen yang melihat unggahan tersebut pun turut memberikan komentarnya untuk menanggapi kejadian itu.

“Pernah membersihkan kolam ikan ayah saya. Setengah dari ikannya mati. Dia mengganggu saya selama berminggu-minggu. Hal yang dipelajari: jangan pernah mengganti air seluruhnya,” cuit seorang netizen.

“Anda perlu mencampurnya dengan air bekas dan meletakkan pompa di kolam sementara sambil membersihkan kolam agar ikan tidak kehabisan udara,” ucap netizen selanjutnya.

Sementara netizen lainnya menulis: “Kolam yang penuh sesak dapat berjalan dengan baik dengan sistem filtrasi yang baik. Tetapi teknik penggantian air yang tidak tepat dapat menyebabkan bencana. Pelajaran yang keras."

 Setelah kolam dibersihkan, semua ikan koi peliharaannya justru mati.

Baca juga: Makan Malam dengan Bihun Goreng, Sedap Manjakan Lidah!

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini