8 Tips Gowes Sehat di Tengah Pandemi, Simak Yuk

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 481 2281662 8-tips-gowes-sehat-di-tengah-pandemi-simak-yuk-ZWOVwOhoQb.jpg Gowes di tengah pandemi (Foto: Okezone)

Saat ini fenomena gowes alias sepedaan marak di masyarakat. Sebab masyarakat ingin menjaga tubuh mereka tetap sehat di tengah pandemi Covid-19.

Dokter Umum RS Pondok Indah - Bintaro Jaya dr Muliadi Limanjaya mengatakan, pakai masker saat gowes itu hal yang mutlak atau harus dilakukan. Ini berkaitan dengan meminimalisir Anda terpapar kuman yang mungkin ada di udara.

 gowes

"Penggunaan masker mutlak diperlukan untuk menjaga diri Anda sendiri dan orang lain dari penularan penyakit," terangnya dalam laporan tertulis yang diterima Okezone, Selasa (22/9/2020).

Saat gowes tetap pakai masker, dr Muliadi menyarakan agar Anda memilih masker yang bahannya mudah menyerap keringat supaya kenyamanan Anda ketika gowes tidak terganggu.

dr Muliadi juga membagikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat gowes, khususnya dengan teman-teman, berikut ulasannya.

1. Penggunaan alat pelindung diri lainnya seperti helm dan lampu sepeda tetap wajib. Apalagi Anda gowes di waktu malam hari.

2. Selalu bawa air minum untuk hidrasi dan jangan lupkana hand sanitizer di dalam tas kecil Anda.

3. Cari rute perjalanan yang sepi, hindari daerah yang ramai atau rute populer yang banyak dilalui pesepeda lainnya.

4. Cobalah atur waktu bersepeda. Pilih waktu yang tidak banyak orang gowes kalau bisa.

5. Tetap jaga jarak dengan pesepeda lainnya setidaknya 1,5 meter guna meminimalisir risiko penularan penyakit.

6. Sebaiknya pilih gowes dengan keluarga yang tinggal satu rumah. Ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran penyakit.

Baca juga: Potret Gisel 'Main' Kucing Tertawa Bahagia, Gemas Banget!

7. Apabila ingin bersepeda dengan kelompok, usahakan anggota maksimal 5 orang saja.

8. Langsung pulang ke rumah dan mandi setelah gowes. Untuk sementara waktu, hindari dulu kegiatan sosialisasi atau beistirahat bersama yang mana ini memungkinkan Anda membuka masker dan berisiko terjadinya penularan penyakit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini