4 Bahan Alami Bantu Atasi Bibir Pecah-Pecah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 481 2281797 4-bahan-alami-bantu-atasi-bibir-pecah-pecah-UPT3FClrS6.jpg (Foto: Boldsky)

Kulit di bibir kita jauh lebih tipis dan halus daripada bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu, mengalami bibir pecah-pecah merupakan masalah umum yang dialami baik wanita maupun pria.

Bibir pecah-pecah dapat terjadi akibat paparan sinar matahari, polusi, serta udara dingin dan lembab. Hal ini menyebabkan bibir mengalami kekeringan, pecah-pecah, dan mengelupas.

Hal tersebut terjadi karena bibir kekurangan kelenjar minyak. Melansir Times of India, berikut 4 bahan alami yang dapat memberikan kelembapan pada kulit bibir sehingga dapat mengatasi bibir pecah-pecah.

Minyak kelapa

Asam lemak dalam minyak kelapa dapat melumasi dan menyehatkan bibir Anda. Jadi, ambil sedikit minyak ini dan oleskan dua kali setiap hari pada bibir Anda dan pijat selama beberapa detik. Usahakan untuk tidak makan atau minum segera setelah mengaplikasikannya.

Gel lidah buaya

Obat mujarab lain adalah gel lidah buaya, yang ditemukan di dalam daun tanaman lidah buaya. Gel mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan antiradang yang menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak.

Namun sebelum menggunakannya, oleskan terlebih dahulu sedikit gel pada siku Anda dan biarkan selama sehari untuk melihat apakah Anda alergi atau tidak. Dari daun keluarkan gel dan simpan dalam wadah kedap udara. Oleskan pada bibir Anda sebelum tidur setiap malam dan basuh bibir Anda di pagi hari.

 Kulit di bibir kita jauh lebih tipis dan halus daripada bagian tubuh yang lain.

Baca juga: Resep Keripik Tahu Pedas, Camilan Enak Bikin WFH Makin Semangat!

Madu

Selain menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk, madu juga bisa membantu menghilangkan bibir kering. Kerjanya seperti pelembab yang luar biasa menjadikannya alat yang hebat untuk merawat bibir pecah-pecah.

Ini mengandung sifat antioksidan dan antibakteri dan membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat pecah-pecah.

Gula

Butiran gula yang kasar adalah eksfoliator yang sangat baik untuk bibir pecah-pecah. Menggosok bibir dengan gula dapat membantu menghilangkan lapisan atas sel kulit mati yang kering, mengelupas, dan membuat bibir Anda kenyal.

Gunakan satu sendok teh gula (putih / coklat) tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan ½ sendok teh madu. Sekarang gosok dengan lembut di bibir Anda, diamkan sebentar lalu bilas dengan air dan tepuk-tepuk hingga kering. Ulangi setiap hari untuk hasil terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini