Vaksin Tercemar Suhu Ruangan, Korsel Tangguhkan Suntik Flu Gratis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 481 2281927 vaksin-tercemar-suhu-ruangan-korsel-tangguhkan-suntik-flu-gratis-UbOzBEvxQD.jpg (Foto: Shutterstock)

KOREA Selatan (Korsel) menangguhkan suntik flu gratis pada Selasa (22/9/2020) setelah laporan masalah dalam penyimpanan vaksinasi selama transportasi. Kondisi ini mengganggu rencana pada sistem perawatan kesehatan yang sudah semakin kritis oleh adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya, negara-negara yang telah mengalami lonjakan kasus positif Covid-19 sejak Agustus 2020, berencana untuk mendapatkan 20 persen lebih banyak vaksin flu untuk musim dingin daripada tahun sebelumnya. Negara-negara tersebut menargetkan untuk melakukan vaksin terhadap 30 juta penduduknya.

Korea Selatan sendiri telah merencanakan untuk memulai inokulasi gratis pada hari ini untuk sekira 19 juta orang yang memenuhi syarat. Kepala badan pencegahan penyakit Korea Selatan mengatakan bahwa beberapa dosis vaksin yang perlu didinginkan, telah tercemar pada suhu kamar saat diangkut ke fasilitas medis.

Hingga saat ini tidak diketahui berapa banyak dosis vaksin yang terpengaruh akibat perbedaan suhu ruangan tersebut. Pihak berwenang sedang menyelidiki seluruh batch dari lima juta dosis yang dijadwalkan untuk didistribusikan pada hari ini.

"Saya ingin memperjelas bahwa masalahnya bukan pada produksi vaksin produsen, melainkan masalah yang diangkat tentang pemeliharaan suhu berpendingin dalam proses distribusi," kata Kepala Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (KDCA) Korea, Jeong Eun-kyeong, melansir dari Asia One, Selasa (22/9/2020).

Jeong mengatakan sejauh ini terdapat 118.000 orang telah diinokulasi dengan suntikan flu dan tidak ada efek samping yang dilaporkan dari vaksinasi tersebut. Beberapa negara Asia telah meluncurkan program vaksinasi influenza lebih awal dan lebih agresif tahun ini.

Tujuannya untuk mengurangi potensi orang tertular flu dan Covid-19 secara bersamaan, yang akan memperberat beban perawatan kesehatan.

 Korea Selatan menangguhkan suntik flu gratis.

Baca juga: Minyak Kayu Putih Manjur Bunuh Covid-19, Mitos atau Fakta?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini