Dijuluki 'Manusia Kanal', Pria Ini Habiskan 30 Tahun Gali Saluran Air

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 612 2281695 dijuluki-manusia-kanal-pria-ini-habiskan-30-tahun-gali-saluran-air-gcE4RSFu2V.jpg Ilustrasi saluran air (Foto: Livpure)

SEORANG pensiunan bernama Laungi Bhuiyan dari negara bagian Bihar, India, dijuluki sebagai ‘Manusia Kanal’. Sebutan itu ia peroleh setelah menghabiskan 30 tahun hidupnya untuk menggali saluran air sepanjang tiga kilometer.

Selama menggali, Bhuiyan melakukan pekerjaan tersebut seorang diri. Ia pun hanya menggunakan perkakas tangan. Meski terlihat aneh, tentunya Bhuiyan memiliki alasan yang kuat sehingga ia mau melakukan pekerjaan tersebut.

Sekadar informasi, desa terpencil Kothilawa, di daerah Lahthua distrik Gaya, selalu mengalami kekurangan air. Sebagian besar air hujan yang jatuh di bukit terdekat mengalir ke sungai dan bukan ke desa.

Ini adalah salah satu alasan mengapa beberapa penduduk memutuskan untuk pindah dan memulai tinggal di desa yang baru. Tetapi Bhuiyan memutuskan untuk tetap tinggal dan memperbaiki masalah di desa tersebut daripada melarikan diri.

Selama 30 tahun, Bhuiyan memutuskan untuk mengambil tindakan dengan menggali kanal. Tujuannya untuk mengalirkan air dari bukit ke kolam dekat desanya.

Tidak ada satu pun orang yang menawarkan bantuan. Alhasil selama tiga dekade yang panjang dan melelahkan, Bhuiyan berhasil menggali sendiri kanal selebar 4 kaki dan memiliki kedalaman 3 kaki.

 Laungi Bhuiyan dari negara bagian Bihar, India, dijuluki sebagai ‘Manusia Kanal’.
(Foto: YouTube screengrab/ANI News Agency)

“Saya membutuhkan waktu 30 tahun untuk menggali kanal yang mengalirkan air ke kolam di desa. Selama 30 tahun terakhir, saya akan pergi ke hutan terdekat untuk merawat ternak saya dan menggali kanal,” terang Bhuiyan, melansir dari Oddity Central, Selasa (22/9/2020).

Bhuiyan mengatakan banyak penduduk desa pergi ke kota untuk mencari nafkah, tapi ia memutuskan untuk tinggal kembali di desa tersebut. Desat tempat tinggal Bhuiyan terletak sekira 80 km dari markas distrik Gaya. Penampakan alam Kothilawa dikelilingi oleh hutan lebat dan pegunungan.

Selama musim hujan, air yang jatuh dari pegunungan biasanya mengalir langsung ke sungai yang mengalir melalui daerah tersebut. Tapi sejak Bhuiyan menyelesaikan kanal sepanjang tiga km, air tersebut berhasil dikumpulkan di satu kolam yang ada dekat desa.

Air yang terkumpul tersebut memungkinkan penduduk setempat untuk memelihara hewan dan bahkan mengairi tanaman mereka tanpa khawatir kekurangan air. Berkat usaha dan kerja keras Bhuiyan, ia pun mendapatkan banyak respon positif dari warga sekitar.

“Dia sendirian menggali kanal selama 30 tahun terakhir,” kata pria lokal, Patti Manjhi.

“Ini akan menguntungkan sejumlah besar hewan dan juga mengairi sawah. Dia tidak melakukannya untuk keuntungannya sendiri tetapi untuk seluruh area,” terang masyarakat lainnya.

“Banyak orang akan mendapat manfaat di sini. Orang-orang sekarang mengenalnya karena pekerjaannya,” ucap Ram Vilas Singh yang bekerja sebagai guru di desa tersebut.

Sejak berita tentang Bhuiyan yang mengesankan mulai menyebar di media sosial, Ia langsung dijuluki sebagai ‘Manusia Kanal’. Ia juga muncul di berita belum lama ini, setelah seorang pengguna Twitter menceritakan kisahnya yang luar biasa.

Seorang Miliarder India, Anand Mahindra, bahkan ingin menyediakan satu unit traktor untuk Bhuiyan. Traktor tersebut diharapkan bisa mendukung pekerjaan yang dilakukan pria tersebut di kemudian hari.

“Seperti yang Anda ketahui, saya telah tweeted bahwa menurut saya kanal itu sama mengesankannya dengan monumen Taj atau Piramida. Kami di @MahindraRise akan menganggapnya suatu kehormatan jika dia menggunakan traktor kami,” ucap Mahindra.

Baca juga: Makan Siang saat WFH, Masak Sambal Teri Saja Yuk

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini