Peduli Lingkungan, Tasya Kamila Ajak Masyarakat Memilah Sampah di Tengah Pandemi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 612 2281774 peduli-lingkungan-tasya-kamila-ajak-masyarakat-memilah-sampah-di-tengah-pandemi-0DsHg4yZee.jpg Tasya Kamila (Foto : @tasyakamila/Instagram)

Meski di rumah saja, Anda tetap harus produktif dan tentunya menghasilkan karya. Hal itu yang coba dilakukan masyarakat sekarang, mulai dari berolahraga, masak, ataupun berkebun.

Bahkan, kini masyarakat mulai melakukan hobi yang cukup berdampak pada lingkungan yaitu memilah sampah ataupun mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat. Seperti yang dilakukan Selebriti Tasya Kamila.

Tasya Kamila

Tasya mengatakan sudah mulai melakukan pemilahan sampah di rumahnya, bahkan sebelum pandemi ini muncul. Menurut Tasya, tindakan memilah sampah memberi dampak yang luar biasa untuk masa depan bumi ini.

"Sampah itu harus dikurangi, karena bagaimana pun bumi ini kita yang akan menjalannya. Untuk itu, kita jadi orang jangan mubazir karena itu akan menjadi sampah," terangnya saat Webinar Peluncuran Dropbox Sampah Kemasan, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga : Intip Nia Ramadhani Basah-basahan Pakai Baju Renang, Senyumnya Nggak Nahan!

Tindakan mengurangi sampah yang dilakukan Tasya Kamila lainnya juga ialah tidak menggunakan sampah sekali pakai, menggunakan tumblr (botol minum), tempat makan, dan menggunakan sedotan bukan plastik. Upaya ini ia yakini akan memberi dampak di kemudian hari.

Terkait dengan memilah sampah, ternyata Tasya sudah mulai menggunakan sampah organik untuk menjadi kompos, lho. Selain itu, dia pun kini mulai mengumpulkan sampah plastik dan kaca yang kemudian dia salurkan ke bank sampah atau juga lewat dropbox yang merupakan hasil kolaborasi dari Nutrifood, Hero, dan Gardier.

"Aku yakin, langkah kecil yang kita lakukan bersama akan berdampak besar di kemudian hari," tambahnya.

Sementara itu, upaya yang lebih masih harusnya dilakukan oleh para pelaku bisnis ataupun produsen. Seperti dijelaskan Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, upaya untuk mengajak masyarakat memilah sampah kemasan seperti ini menjadi langkah yang baik untuk menyelamatkan Indonesia dari sampah plastik.

"Pemerintah berharap agar produsen, pemegang merek, dan ritel, bersama-sama mengurangi jumlah sampah kemasan pada khususnya untuk menyelamatkan Indonesia dari sampah plastik. Kami pun mengapresiasi upaya yang dilakukan Nutrifood, Hero, dan Garnier untuk menyediakan Dropbox Sampah Kemasan dengan tujuan mengajak masarakat ikut berperan dalam menjaga lingkungan," paparnya di momen yang sama.

Memilah Sampah

Dia pun berharap agar masyarakat mulai mengumpulkan kemasan pasca-konsumsi yang sekiranya bisa kembali didaur ulang. Sebab, sampah tersebut seyogyanya bisa kembali dimanfaatkan untuk hal yang lebih baik, bukan sekadar menjadi kotoran yang tidak dipergunakan kembali.

"Jadi, upaya mengumpulkan kembali kemasan pasca konsumsi untuk didaur ulang atau di-treatment lainnya sangat baik sekali agar jumlah sampah yang ada di lingkungan bisa berkurang. Tindakan ini tentunya mendorong masyarakat untuk mau mengelola sampah kemasan agar bisa digunakan ulang," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini