Kurangi Sampah Plastik Selama Pandemi, Solusinya Masak Sendiri di Rumah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 612 2281830 kurangi-sampah-plastik-selama-pandemi-solusinya-masak-sendiri-di-rumah-6AnPHhMZqg.jpg Masak sendiri di rumah (Foto: Pixabay)

Sadar atau tidak aktivitas di rumah saja menuntut sebagian orang untuk lebih aktif menggunakan aplikasi pesan makanan online. Salah satu produk yang banyak dibeli adalah makanan dan tak jarang pemilik usaha menggunakan plastik sekali pakai untuk membungkus makanannya.

Nah, bersumber dari itu juga salah satunya alasan sampah plastik faktanya meningkat selama pandemi ini. Menurut laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jumlah sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) berkurang 10 hingga 15 persen, karena orang tidak banyak bekerja ke kantor.

sampah plastik

Tapi, fakta lainnya menjelaskan bahwa sampah plastik rumah tangga meningkat karena kebiasaan masyarakat akan jajan makanan online selama pandemi. Ini karena 90 persen makanan yang dijual online itu menggunakan plastik sekali pakai untuk membungkusnya.

Karena masalah ini, tentu diperlukan tindakan konkret yang bisa dilakukan masyarakat untuk menekan jumlah sampah plastik rumah tangga yang terus meningkat selama pandemi.

Menurut Ujang Solihin Sidik, Kasubdit Barang dan Kemasan Direktorat Pengelolaan Sampah KLHK, upaya yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan mengurangi jajan online dan mulai masak sendiri di rumah.

"Mengurangi sampah plastik di rumah yang berasal dari jajan online itu, ya, masak di rumah. Itu kunci yang paling penting," terangnya saat Peluncuran Dropbox Sampah Kemasan hasil kolaborasi Nutrifood, Hero, dan Garnier, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: Potret Gisel 'Main' Kucing Tertawa Bahagia, Gemas Banget!

Bagi Ujang, dengan melakukan kebiasaan tersebut, dipastikan akan mengurangi jumlah plastik sekali pakai di rumah. Bukan sekadar baik untuk lingkungan, tetapi juga tentunya hemat.

Ia pun tak mempermasalahkan jika mau beli makan di luar, tapi harus dicatat, bawa tempat makan sendiri. "Nah, belanja juga, bawa kantong sendiri atau tas belanjaan sendiri yang ramah lingkungan," tambah dia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini