Ditolak Memang Berat, Ini 4 Cara Menghadapinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 196 2282620 ditolak-memang-berat-ini-4-cara-menghadapinya-Jxs3zuSu0Y.jpg Sedih karena ditolak (Foto: Wallpaper Cave)

Ditolak di berbagai hal memang menyakitkan. Seperti lamaran kerja ditolak, cinta ditolak, meminta sesuatu pada kekasih ditolak, semua itu rasanya menyakitkan.

Namun Anda harus hidup dengan menghadapi berbagai penolakan dan Anda harus tabah menghadapinya. Bagaimana Anda bisa membangun kemampuan untuk menghadapi penolakan? Berikut 4 cara menghadapinya.

 mencoba tenang

1. Berpikir positif

Ketika Anda menghadapi situasi yang tidak menyenangkan, akan mudah bagi Anda untuk terus terjebak dalam perasaan yang negatif, sehingga akan membuat Anda semakin sulit menghadapi penolakan.

Karena itu, tetap berpikir positif dan jangan membicarakan atau memikirkannya lagi. Pikiran positif akan membantu Anda memperbaiki perasaan dan memberikan harapan baru untuk mencoba lagi. Untuk melatih diri berpikir positif, tanamkan sugesti-sugesti yang membangun seperti, “Saat ini memang belum waktunya. Tapi lain kali aku pasti bisa!”.

2. Jujur pada diri sendiri

Saat menghadapi penolakan, Anda tidak perlu menutupi perasaan Anda yang sebenarnya. Jika Anda merasa sedih atau kecewa, katakan saja. Mengakui perasaan yang Anda rasakan dapat membantu Anda bergerak melampaui emosi yang menyakitkan.

Misalnya lamaran pekerjaan Anda ditolak, padahal Anda betul-betul menginginkan posisi yang ditawarkan perusahaan tersebut. Cobalah jujur pada diri sendiri, apa yang Anda rasakan saat ini? Akui saja kalau hati Anda sakit agar hati Anda bisa sembuh.

3. Hindari menyalahkan diri sendiri

Hal yang umum terjadi saat menghadapi penolakan adalah menyalahkan diri sendiri, menganggap bahwa penolakan terjadi karena Anda memang tidak layak untuk mendapatkannya.

Padahal, menyalahkan diri sendiri hanya akan memperburuk perasaan dan kondisi Anda. Karena itu, saat Anda menghadapi penolakan, hentikan menyalahkan diri Anda sendiri.

Ingatlah bahwa segala hal dalam hidup Anda itu ditentukan oleh berbagai macam faktor, ada yang bisa Anda kendalikan dan ada yang sama sekali di luar kendali Anda. Karena itu, agar tetap semangat, selalu camkan dalam pikiran bahwa kadang hal-hal bisa terjadi di luar rencana Anda.

 Baca juga: Peneliti Gunakan Teknologi AI untuk Baca Pikiran Seseorang

4. Jadikan penolakan sebagai keuntungan

Meskipun tidak mudah, penolakan bisa menjadi ruang untuk Anda belajar dan membenahi diri. Jika Anda merasa ditolak karena kemampuan masih belum optimal, Anda bisa menggunakan waktu untuk mengasah kemampuan Anda atau apa pun yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas diri.

Ingat, setiap orang, sehebat apa pun dirinya, tentu masih punya ruang untuk berkembang dan memperbaiki diri. Mungkin tanpa mengalami penolakan, Anda jadi tidak punya kesempatan untuk mengembangkan diri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini