Tips Aman Memasak Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 298 2282225 tips-aman-memasak-selama-pandemi-covid-19-UTnvwaaIX0.jpg (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi virus corona atau Covid-19, kebersihan menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan masyarakat dunia. Penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit. Hal yang sama pun berlaku ketika memasak bahan makanan di dapur.

Sebagaimana dilansir Michelin, Selasa (22/9/2020), Chef Leelawat "Nan" Mankongtiphan dari Cuisine de Garden (MICHELIN Plate, MICHELIN Guide Thailand 2020), Chiang Mai dan Bangkok pun membagikan beberapa tips memasak yang aman saat pandemi Covid-19.

1. Menggunakan masker

Selain mengenakan saat berada di luar, Chef Leelawat juga menyarankan bahwa masker juga harus dipakai di dapur.

Seorang ahli penyakit menular di FIU Health (Florida International University HealthCare Network), dr. Aileen Marty menjelaskan bahwa risiko tertular Covid-19 dari makanan sangat rendah.

Meski risikonya sangat rendah, namun seseorang tidak boleh mengabaikan penggunaan masker sebagai pelindung saat berada di dapur. “Selain kebersihan dasar memasak, Anda juga harus mengenakan masker untuk keamanan tambahan saat menyiapkan makanan,” tutur Chef Nan.

2. Cuci tangan Anda lebih sering

“Cuci tangan dengan sabun sebelum menyiapkan atau makan makanan,” jelas Chef Phanuphon "Black" Bulsuwan dari Blackitch Artisan Kitchen (MICHELIN Plate, MICHELIN Guide Thailand 2020) di Chiang Mai.

Ia menegaskan sebelum menyentuh makanan, sebaiknya seseorang mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih lebih lama dan lebih sering dari biasanya. Termasuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menangani berbagai jenis bahan baku untuk menghindari kontaminasi dan untuk menjaga kondisi sanitasi.

 Selama pandemi virus corona, kebersihan menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan masyarakat dunia.

Baca juga: Waspada, Minum Minyak Kayu Putih Berisiko Kematian!

3. Hindari makan makanan mentah

Jika bahan-bahan makanan yang diolah berasal dari bahan mentah, pastikan menggunakan bahan makanan yang paling segar dan dari sumber yang sangat terpercaya. Penggemar makanan mentah sebaiknya harus menahan diri, terutama selama bulan-bulan musim panas ini.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suhu memasak konvensional di atas 70 derajat celcius dapat membunuh virus corona. Oleh sebab itu jadi Chef Black dan Chef Nan mengimbau semua orang untuk menghindari makanan mentah.

Hidangan daging mentah atau jeroan mentah, serta susu yang tidak dipasteurisasi, juga harus dihindari.

4. Pisahkan bahan mentah dan makanan yang dimasak

Chef Nan menyarankan untuk menyiapkan dan menangani makanan mentah dan matang dengan hati-hati dan secara terpisah.

Pedoman WHO menyatakan bahwa kontaminasi silang harus dihindari dengan menggunakan area persiapan dan peralatan terpisah untuk daging mentah, bahan mentah lainnya, dan makanan yang dimasak. Ini membantu memastikan makanan yang aman, higienis, dan juga lezat.

5. Cuci bahan makanan lebih teliti

“Tambahkan sedikit cuka ke air yang Anda gunakan untuk membersihkan sayuran. Asam akan membantu membunuh kuman, dan kemudian membilas sayuran lagi akan membuat Anda merasa nyaman,” tutur Chef Black.

Jimmy Ophorst, yang merupakan Koki Belanda di Pru (One MICHELIN Star, MICHELIN Guide Thailand 2020) di Phuket, berkata, “Ibu saya mengajari saya sejak kecil untuk tidak mencuci bahan terlalu banyak sehingga tubuh Anda bisa terbiasa dengan makanan.

Saya menyarankan Anda sebaiknya menggunakan air bersih dan menghindari penggunaan bahan kimia yang mungkin tidak sehat. Chef Black, yang menyukai dan mempromosikan penggunaan bahan-bahan lokal, ingin membersihkan dan menyiapkan makanan di rumah selama wabah menjadi mudah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini