5 Cara Instan untuk Mengobati Gigitan Serangga

Mayang Magdalena Bengi, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 481 2282222 5-cara-instan-untuk-mengobati-gigitan-serangga-oYcrGHJQcZ.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

Digigit nyamuk atau jenis serangga lainnya menyebabkan rasa gatal pada kulit hingga menyebabkan luka karena menggaruknya. Ternyata, ada cara instan menyembuhkan gigitan serangga daripada menggaruk yang akan mengakibatkan iritasi.

Nah, berikut beberapa saran ahli yang dapat Anda gunakan untuk mengobati gigitan serangga, seperti dilansir Okezone dari Timesofindia.

1. Atasi gigitan dengan agen topikal

Salah satu pengobatan terbaik untuk meredakan gigitan serangga adalah dengan mencuci area yang digigit dengan sabun dan air. Anda kemudian bisa mengoleskan calamine atau lotion antigatal di atasnya.

Obat topikal lain seperti krim hidrokortison juga bisa bekerja dengan baik untuk menyembuhkan luka lebih cepat.

2. Oleskan es pada kulit

Anda bisa langsung menenangkan kulit dengan mengoleskan kompres es pada area yang digigit. Penurunan suhu akan menyebabkan pembuluh darah yang melebar berkontraksi yang akan membantu mengurangi peradangan.

Dingin juga membuat kulit mati rasa yang bisa membuat Anda segera lega.

3. Manfaatkan minyak esensial

Anda bisa mencoba pengobatan DIY dengan mencampurkan lavender dan minyak pohon teh di area yang terkena. Karena minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, mereka bekerja sangat baik melawan ketidaknyamanan gigitan serangga.

 Digigit nyamuk atau jenis serangga lainnya menyebabkan rasa gatal pada kulit.

Baca juga: Desain Helm Anti Covid-19 Bikin Anda Jadi Mirip Astronot

4. Gunakan bahan anti inflamasi

Oatmeal bisa meredakan gatal, bengkak dan juga kemerahan akibat gigitan serangga. Aloe vera membantu dengan cara yang sama dan menenangkan infeksi serta menyembuhkan luka ringan.

Madu harus dimiliki dalam semua resep perawatan kulit DIY karena merupakan perawatan tempat yang ideal untuk gigitan serangga. Ini mencegah Anda dari gatal dan membuat area yang terkena terasa terhidrasi.

5. Mencegah gigitan serangga

Dalam kasus gigitan serangga, mencegah lebih baik daripada mengobati. Apalagi karena nyamuk bisa menjadi pembawa penyakit seperti malaria. Terapkan beberapa semprotan serangga di sekitar rumah jika Anda terlalu sering mendapatkan serangga di rumah.

Semprotan serangga alami untuk kulit Anda yang mengandung lemon dan minyak kayu putih juga bisa membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini