Bahan Alami Ini Bantu Cegah Flu dan Naikkan Imunitas Tubuh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 481 2282274 bahan-alami-ini-bantu-cegah-flu-dan-naikkan-imunitas-tubuh-V7ohEhgcrL.jpg Ilustrasi (Foto: Insidermonkey)

Musim hujan sudah di depan mata. Beberapa daerah di Indonesia bahkan sampai mengalami bencana banjir yang cukup parah. Di sisi lain, risiko penyakit flu pun perlu diwaspadai.

Perubahan cuaca dari panas ke dingin tak jarang membuat imunitas tubuh seseorang menurun. Terlebih, dalam satu hari, tubuh merasakan dua cuaca sekaligus, paginya panas terik, lalu sorenya hujan lebat. Kondisi semacam ini perlu diperhatikan dan Anda dapat melakukan upaya pencegahan.

Ya, bukan sekadar minum vitamin kimia, Anda bisa mulai mempercayakan bahan alami untuk mencegah flu dan tetap mempertahankan imunitas tubuh. Bahan-bahan alami ini pun sangat mudah Anda temukan di pasar atau bahkan sudah ada di dapur Anda. Apa saja bahan alami tersebut?

Dilansir dari Healthline, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu Anda mempertahankan imunitas tubuh dan membantu Anda terhindar dari risiko alami flu. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Cukupi asupan air

Diterangkan pakar kesehatan Debra Rose Wilson, PhD, hal utama yang harus dilakukan adalah memastikan asupan air harian tercukupi. Air putih yang Anda minum membantu melembapkan hidung, mulut, dan tenggorokan. Tidak hanya itu, terhidrasi dengan baik pun akan mengurangi risiko demam dan diare.

Minuman yang direkomendasikan adalah air putih, air kelapa, teh herbal, jus segar, perbanyak juga konsumsi buah dan sayuran.

2. Perbanyak konsumsi makanan tinggi zinc

Zinc sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh Anda. Nutrisi di dalam zinc dapat membantu sel darah putih melawan kuman penyebab penyakit. Penelitian pun menunjukkan bahwa zinc dapat membantu meredakan gejala flu.

Nah, makanan yang mengandung zinc tinggi antara lain daging merah, kerang, kacang-kacangan, buncis, kacang polong, biji-bijian, produk susu, dan telur.

 Perubahan cuaca dari panas ke dingin tak jarang membuat imunitas tubuh seseorang menurun.

Baca juga: 7 Khasiat Minyak Kayu Putih yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini