5 Cara Pakai Masker Tanpa Menyakiti Kulit Anda

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 481 2282412 5-cara-pakai-masker-tanpa-menyakiti-kulit-anda-507LnO5cD2.jpg Memakai masker (Foto: Pixabay)

Selama pandemi Covid-19, memakai masker adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona. Anda harus membiasakan diri memakai masker untuk waktu yang lama, termasuk saat Anda berada di tempat umum seperti berbelanja bahan makanan atau situasi di mana menjaga jarak sosial sulit dilakukan.

Melansir Femina India, penggunaan masker yang berkepanjangan dapat menyebabkan memar, luka, kemerahan, iritasi, jerawat dan penggelapan kulit. Oleh karena itu, Direktur Medis Adroid Biomed Ltd, Dokter Anish Desai mengatakan, ada 5 cara untuk mengenakan masker tanpa menyakiti kulit Anda.

 masker

1. Pastikan masker menutupi hidung dan mulut Anda, tetapi tidak terlalu ketat karena bisa menimbulkan memar di kulit.

2. Basuh wajah secara teratur dengan sabun dan air yang lembut setidaknya dua kali sehari.

3. Oleskan pelembab hypoallergenic sebelum Anda memakai masker, dan juga setelah Anda melepasnya. Hindari pelembab berbahan salep saat memakai masker karena akan mengunci keringat dan minyak.

4. Iritasi kulit karena penggunaan masker paling sering terjadi di sepanjang batang hidung dan pipi. Gunakan emolien di area yang terkena untuk meningkatkan fungsi pelindung kulit dan melumasi sambungan masker dengan kulit.

Baca juga: Peneliti Gunakan Teknologi AI untuk Baca Pikiran Seseorang

5. Gunakan pelembab setelah mencuci wajah. Ini dapat membuat kulit wajah Anda tetap terhidrasi. Oleskan pelembab bebas minyak ke kulit beberapa kali sehari. Ini juga dapat mengurangi peradangan kulit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini