Alasan Perokok Lebih Mudah Terinfeksi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 481 2282443 alasan-perokok-lebih-mudah-terinfeksi-covid-19-1hdfDO9A8E.jpg Merokok (Foto: Pixabay)

Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah perokok aktif. Padahal selama pandemi virus corona Covid-19 seorang perokok memiliki kemungkinan lebih besar untuk terinfeksi penyakit.

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Departemen Pulmonologi, Dr. dr. Agus Dwi Susanto Sp.P(K), FISR, FAPSR mengatakan, seorang perokok akan memiliki gangguan pada imunitas saluran napas dan paru akibat asap rokok.

merokok

“Merokok meningkatkan regulasi reseptor angiotensin converting enzyme 2 (ACE2). Selain itu perokok yang sudah lama juga berisiko terkena penyakit komorbid seperti jantung, diabetes, PPOK, dll,” terang dr. Agus, dalam Konferensi Pers Rokok di Era Pandemi Covid-19, Rabu (23/9/2020).

Tak hanya masalah pada kesehatan organ tubuh. Kebiasaan seseorang dalam merokok juga membuka celah yang sangat besar bagi virus dan bakteri untuk masuk melalui mulut dan saluran pernapasan lain.

Baca juga: Peneliti Gunakan Teknologi AI untuk Baca Pikiran Seseorang

“Merokok sering memegang mulut saat menghisap rokok dengan tangannya tanpa mencucinya terlebih dahulu. Kondisi ini memiliki risiko tangan yang sudah terkontaminasi kuman dan virus,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini