Gemasnya Shandy Aulia Kenalkan Lemon ke Baby Claire, Apa Manfaatnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 481 2282667 gemasnya-shandy-aulia-kenalkan-lemon-ke-baby-claire-apa-manfaatnya-uNAzUPWCeC.jpg Shandy Aulia (Foto : @shandyaulia/Instagram)

Cara asuh Sandy Aulia ke anaknya, Claire Herbowo, cukup menyita perhatian publik. Usai kontroversi memberikan makanan di usia anak belum 6 bulan, kini publik dikejutkan dengan Sandy mengenalkan lemon ke anak perempuannya tersebut.

Diterangkan Shandy di keterangan foto Instagram, awalnya Claire mau makan buah itu karena dia mengenalkannya. "Claire, ini namanya lemon," kata Shandy ke bayinya. Lalu, menurut perempuan berusia 33 tahun itu, bayinya penasaran mau menyicipi buah tersebut.

Akhirnya Claire makan buah tersebut dan timbullah reaksi yang bisa dilihat di foto Instagram yang sudah disukai lebih dari 87 ribu itu. Terlihat jelas kalau Claire keasaman dan ekspresi wajahnya terlihat menggemaskan sekali.

Shandy Aulia

Reaksi netizen mengenai Shandy Aulia mengenalkan buah ke anak ditanggapi beragam. Ya, publik tidak protes ataupun menggurui Sandy Aulia, tetapi mengapresiasi upayanya tersebut. Meski ada juga yang penasaran dengan aksi tersebut.

"Mengenal yang rasanya asem ya Claire," kata @agustina.damayan***. Kemudian, ada juga komentar dari @srlstari****, "Hahayyy lucu banget Masya Allah," tulisnya.

Baca Juga : Pesona Nathalie Holscher yang Baru Jadi Mualaf, Sule Jadi Saksi!

Di sisi lain, ada komentar yang kurang sedap. "Apa tidak diare kalau bayi dikasih lemon?" tanya @giantsyah_gi***. Lalu, netizen pun ramai membalas pesan ini. "Tergantung sih, kalau bayinya kuat, ya, enggak diare. Anakku umur 7 bulan pertama kali saya kasih jeruk dia langsung diare, tapi sekarang umur 11 bulan malah jago banget makan jeruk," cerita @_nurkhayat***.

Sementara itu, ada netizen yang mempertanyakan buah yang sebenarnya diberikan Shandy ke Claire. Menurut @seviana***, yang diberikan Shandy itu bukan lemon, tetapi jeruk. "Itu bukan lemon tetapi orange (jeruk). Lihat lagi deh, dizoom. Kalau lemon kan kulitnya kuning. Kalau breakfast buah orange pasti dipotong-potong seperti itu bentuknya," terang dia.

Terlepas dari itu, Pakar Kesehatan Vincent Iannelli, MD, menjelaskan kalau mengenalkan buah ke anak itu adalah langkah yang memang harus dilakukan orangtua ke anaknya. Menariknya, mengenalkan buah ke anak ternyata lebih gampang dibandingkan mengenalkan sayuran.

"Kebanyakan buah memiliki rasa yang manis dan enak sehingga anak-anak pun menyukainya, bahkan menjadi camilan yang menyenangkan untuk mereka," tulis Iannelli di laman Very Well Family.

Shandy Aulia

Mengenalkan buah ke anak juga sangat baik karena mengajarkan anak untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Ya, di dalam buah itu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuhnya, misalnya rendah lemak, rendah garam. rendah kalori, makanan sehat tanpa kolesterol, dan biasanya kaya akan potasium, serat, vitamin C, dan folat.

Tapi, kalau si anak belum begitu tertarik makan buah, orangtua bisa melakukan beberapa upaya, misalnya:

1. Sediakan cukup buah di rumah, baik itu buah utuh maupun buah potong untuk camilan.

2. Tawarkan si anak buah-buahan yang sedang musim, termasuk buah segar.

3. Ajak anak membeli buah dan menentukan mau makan buah yang mana.

4. Selipkan buah ke sereal sarapannya, seperti pisang atau beri.

5. Ajarkan anak mengonsumsi salad buah juga sebagai bentuk variasi mengonsumsi buah.

6. Beri smoothie buah yang mana ini minuman yang mempermudah si anak mengonsumsi buah.

"Catatan penting, sebagai orangtua Anda mesti mencontohkannya di depan anak dengan baik dan makan buah setiap hari agar si anak melihat kebiasaan Anda. Anak belajar dari melihat apa yang dilakukan orangtuanya," ujar dr Iannelli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini