Beautypedia: Apa Itu Eye Cream?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 611 2282359 beautypedia-apa-itu-eye-cream-gZMSVc3k2L.jpg (Foto: Shefinds)

Meski masih menjadi perdebatan, eye cream tetap digunakan banyak masyarakat guna menghilangkan lingkaran hitam dan kantung mata.

Dokter Katrina dari Good Aesthetics di Maine mengatakan, eye cream atau krim mata menurutnya tidak terlalu membantu.

"Krim wajah yang Anda gunakan sebenarnya memiliki manfaat yang sama dengan eye cream, terlepas dari apa pun mereknya," ujarnya seperti dikutip Healthline pada Rabu (23/9/2020).

Tapi tidak diragukan lagi bahwa kulit di sekitar mata lebih rapuh daripada bagian wajah Anda yang lain. Jadi, bagian tersebut memang membutuhkan perhatian ekstra.

Melansir Healthline, eye cream dapat membantu mengurangi kerutan di area mata. Kerutan biasanya terjadi karena pertambahan usia. Namun, disarankan untuk memilih eye cream yang mengandung retinol guna meningkatkan pergantian sel.

Selain itu, eye cream dengan formulasi gel juga lebih disarankan karena produknya lebih ringan serta mudah diserap.

Memang, retinol (turunan vitamin A) memiliki khasiat yang telah terbukti sejak lama untuk melawan penuaan. Retinol sebenarnya telah digunakan selama lebih dari 3.000 tahun untuk membantu mengatasi semua jenis masalah kesehatan, termasuk rabun senja.

Sementara itu, berbeda dengan kerutan yang timbul karena faktor usia, kantung mata justru bisa timbul karena faktor keturunan. Artinya, tidak ada jumlah eye cream yang akan meminimalkan penampilannya.

 Eye cream digunakan guna menghilangkan lingkaran hitam.

Baca juga: Studi: Pasien Demam Berdarah 'Kebal' Covid-19

Kantung mata dan lingkaran hitam juga dapat terjadi karena peradangan yang dipicu oleh paparan sinar UV dari matahari, oksidasi radikal, stres, kelelahan, dan alergi.

Terkadang, menyesuaikan faktor gaya hidup termasuk minum lebih banyak air atau memiliki jadwal tidur yang tetap dapat membantu menyamarkan kantung mata.

Pembengkakan ini biasanya mereda saat tubuh menyerap kembali cairannya, meski terkadang perlu waktu tunggu beberapa minggu.

Selain menggunakan eye cream, Anda juga bisa memijat lembut wajah, termasuk kulit di bawah mata untuk membantu meningkatkan sirkulasi dan meredam penumpukan cairan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini