Sederet Kesalahan Umum ketika Mencuci Wajah, Salah Satunya Tak Cuci Tangan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 611 2282504 sederet-kesalahan-umum-ketika-mencuci-wajah-salah-satunya-tak-cuci-tangan-wqcO1ZR8zW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN sudah jarang keluar rumah, bukan berarti kita melupakan ritual mencuci muka loh. Rutinitas membersihkan wajah seperti menggunakan micellar water, sabun cuci muka dan toner harus dilakukan agar kulit tetap cerah dan bersih.

Nah, jika kamu sudah rajin membersihkan wajah tapi wajah tetap saja mengalami masalah seperti jerawat, mungkin kamu melakukan kesalahan umum. Seperti dilansir dari Highend, berikut adalah kesalahan yang kerap dilakukan orang.

Tidak mencuci tangan sebelumnya

Pastikan kedua tangan Anda sudah bebas bakteri sebelum mengusap wajah karena hal kecil yang jarang diperhatikan akan berubah menjadi hal yang memiliki pengaruh lebih besar.

Membilas menggunakan air hangat/air panas

Air hangat memiliki kecenderungan membuka pori-pori dan membuatnya menjadi lebih terlihat. Selain itu, air hangat lebih berpotensi membuat kulit kering dibandingkan dengan air dingin.

mencuci wajah

Basuh wajah dengan air hangat sebelum menggunakan sabun cuci muka, sehingga kulit siap untuk deep cleansing, tapi selalu bilas wajah dengan air suhu ruangan atau air dingin setelahnya.

Melupakan toner dalam ritual

Terkadang, kita meragukan kegunaan dari toner. Namun, toner merupakan salah satu produk magis yang melakukan apa yang tidak dilakukan oleh sabun cuci muka. Toner membantu menetralkan dan menenangkan wajah, menyingkirkan residu serta memberikan banyak khasiat baik bagi wajah yang akan membuat wajah terlihat lebih sehat dan bersinar.

Menunda Penggunaan Skincare

Rahasia kecantikan Korea adalah peraturan 10 detik – setelah mencuci muka, harus segera menggunakan rangkaian skincare karena kondisi kebersihan wajah sedang optimal dan akan mengunci hidrasi lapisan luar dengan baik.

Eksfoliasi berlebihan

Meskipun eksfoliasi memberikan khasiat yang menjanjikan untuk membersihkan wajah secara mendalam, selalu ingat untuk tidak menggunakannya setiap hari. Penggunaan produk eksfoliasi berlebihan akan menyebabkan iritasi kulit dan mengupas nutrisi natural yang ada di lapisan kulit luar.

Hal ini juga berlaku dengan produk yang mengandung eksfoliator kimiawi seperti AHA/DHA, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif

Menggunakan handuk yang sama dengan handuk badan

Kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang paling sensitif dari seluruh tubuh. Menggunakan handuk yang biasa digunakan untuk badan untuk mengeringkan wajah akan mengantarkan bakteri-bakteri yang sebelumnya berada di tubuh menjadi ke wajah.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini