Anak Terlalu Sering Main Gadget? Orangtua Perlu Perhatikan 3 Hal Ini

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 196 2283036 anak-terlalu-sering-main-gadget-orangtua-perlu-perhatikan-3-hal-ini-KA0w8XB8ev.jpg (Foto: Daily Express)

Di masa PSBB seperti saat ini, anak-anak mungkin menjadi lebih sering bermain gadget. Anak-anak menjadi lebih sering menyentuh gadget karena kegiatan belajar bisa dilakukan secara online.

Orangtua mungkin akan menemukan anak mereka menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk bermain gadget. Padahal, kita ketahui bahwa bermain gadget terus-menerus tidak baik untuk kesehatan, terutama kesehatan mata.

Berikut ini adalah teknik 3C untuk meminimalisir penggunaan gadget pada anak Anda.

1. Child (Anak)

Anda harus mampu mengendalikan kebiasaan menggunakan gadget pada anak. Buatlah sketsa jadwal dan siapkan tabel waktu, untuk membagikan waktu anak antara belajar, bermain dan istirahat.

Harus jelas menyebutkan berapa jam anak Anda diizinkan bermain gadget. Anda juga harus menjelaskan jadwal kelas online, bersama dengan slot waktu yang diberikan untuk kartun dan film.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat mengurangi kebiasaan mereka dalam menonton TV, tetapi Anda juga dapat mengurangi waktu anak dalam bermain gadget.

 Di masa PSBB seperti saat ini, anak-anak mungkin menjadi lebih sering bermain gadget.

Baca juga: Tangani Pasien Corona, Dokter Reinaldo Sharing Praktik Protokol Kesehatan yang Baik

2. Content (Konten)

Dalam hal konten, Anda harus memastikan bahwa anak Anda tidak memiliki akses ke konten yang tidak sesuai dengan usianya. Tetap kunci saluran tersebut atau awasi jenis konten yang dia lihat.

Anda juga harus menjauhkan anak Anda dari konten yang berbau kekerasan dan konten yang berbau porno grafis. Konten yang sepertinya pas untuk anak Anda adalah kartun, film komedi anak, serta acara keluarga.

3. Context (Konteks)

Anda juga harus sering melakukan percakapan dengan anak, atau Anda juga bisa minta tolong kepadanya untuk melakukan sesuatu. Maka dengan cara ini, anak Anda akan istirahat dari gadget-nya, walaupun hanya selama beberapa menit, itu tetap ada manfaatnya juga untuk menjaga kesehatan mata anak.

Anda juga harus tetap mengingatkannya untuk isitirahat, seperti tidur siang.

Jika Anda ingin mengurangi lebih banyak lagi waktu mereka dalam bermain gadget, maka Anda bisa memperkenalkannya pada beberapa hobi lain. Misalnya, seperti membaca buku, menari, melukis hingga kegiatan lainnya yang mungkin anak Anda sukai.

Anda tidak perlu berlebihan, Anda juga harus memberikan anak waktu luang. Anda juga perlu membiarkan dia menonton konten favoritnya, tapi tetap dengan porsi yang secukupnya dan tidak berlebihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini