Hari Keselamatan Pasien Sedunia, Skrining Digital Jadi Andalan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 481 2283064 hari-keselamatan-pasien-sedunia-skrining-digital-jadi-andalan-Yx2Xbw4j7V.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

HARI Keselamatan Pasien Sedunia 2020 mengacu pada pencegahan Covid-19 di rumah sakit. Setiap rumah sakit pun dituntut menjadi pelopor pelaksanaan protokol kesehatan dengan baik.

Terlebih rumah sakit yang sudah diakui Joint Commission International (JCI). Organisasi kesehatan di Amerika Serikat tersebut selalu melihat kesigapan rumah sakit dalam menjaga keselamatan pasien.

Terutama di era pandemi Covid-19, yang mana rumah sakit menjadi sumber penularan paling rawan. Namun demikian, setiap rumah sakit pun banyak yang mengoptimalkan pelaksanaan protokol kesehatan.

Baca Juga: Lindungi Diri dari Covid-19, Dokter Ini Rela Pakai Popok saat Bekerja

dokter

Diakui Direktur Utama RS Mata JEC @ Kedoya Dr. Referano Agustiawan, SpM(K), pelayanan klinis di rumah sakit bertaraf internasional, selalu mengedepankan keselamatan pasien. Maka antisipasi dan kesiapan dalam menghadapi wabah Covid-19 pun selalu dilakukan.

"Pada Hari Keselamatan Pasien Sedunia, rumah sakit diharapkan selalu konsisten menjaga mutu layanan," ucapnya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Inisiatif penerapan protokol kesehatan pun dilakukan sejak awal pandemi Covid-19. Antara lain mewajibkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang terstandar bagi seluruh tim medis dan non-medis, disinfektan secara rutin dan lebih sering, penyediaan masker medis dan hand sanitizer, juga mewajibkan pengunjung melewati protokol pengukuran suhu

Selain itu, rumah sakit juga selalu memperkuat skrining secara digital (self-screening), pengaturan ruang tunggu yang mengedepankan jaga jarak, serta penambahan proteksi seperti teknologi kamera pengukur suhu otomatis.

"Dengan demikian ada imbas positif pada kualitas hidup dan produktivitas mereka,” tutup Direksi JEC Dr. Johan A. Hutauruk, SpM(K).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini