5 Cara Mencegah Rambut Menipis dan Rontok

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 481 2283218 5-cara-mencegah-rambut-menipis-dan-rontok-Ko1UUt7Lod.jpg Ilustrasi (Foto: The Burgundy Affair)

Rambut rontok bisa membuat stres dan bingung bagaimana cara mengatasinya. Banyak kebiasaan gaya hidup sehari-hari yang dapat menyebabkan lebih banyak rambut rontok.

Penyebab rambut rontok bisa berupa kondisi medis, perubahan hormonal dan bahkan genetik. Gaya hidup sehat seperti pola makan bersih dan mengurangi stres dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Dilansir dari laman Times of India, berikut beberapa cara untuk mencegah rambut menipis dan rontok.

1. Ubah pola makan

Makan-makanan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk memperlambat kerontokan rambut. Pastikan untuk menambah asupan protein Anda, dan melakukan olahraga teratur untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, beri, dan sayuran berdaun hijau harus dimasukkan ke dalam makanan harian Anda. Untuk melengkapi pertumbuhan rambut dan mengembalikan rambut rontok. Konsumsi juga multivitamin seperti biotin, vitamin A dan B, dan beta-karoten.

2. Berhenti merokok

Selain merusak kesehatan, merokok juga dapat membuat rambutmu jadi mudah rontok. Maka dari itu hindari kebiasaan ini, dengan berhenti merokok maka rambut Anda akan terawat.

3. Gunakan topi atau penutup kepala lainnya

Ternyata sinar UV matahari tidak hanya berbahaya untuk kulit, tapi juga dapat merusak rambut Anda. Paparan berlebihan terhadap radiasi UV akan merusak dan melemahkan protein di rambut.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan memengaruhi kualitas rambut Anda secara keseluruhan dalam jangka panjang. Menggunakan topi atau hijab untuk mencegah paparan sinar matahari.

 Rambut rontok bisa membuat stres dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

Baca juga: 3 Resep Es Teh Manis dengan Buah-buahan Segar, Yuk Buat Sendiri

4. Kurangi stres

Penyebab berikutnya adalah stres, masalah kesehatan termasuk rambut rontok bisa dipicu oleh hal tersebut.

Stres dapat menyebabkan rambut rontok dan mengganggu rambut memasuki siklus pertumbuhan baru. Untuk mengatasi rambut rontok akibat stres, cobalah untuk mengurangi stres dan manjakan diri dengan olahraga teratur dan meditasi.

5. Hindari menata rambut berlebihan

Penggunaan alat penata rambut yang berlebihan memiliki efek serius dan merusak pada folikel rambut. Penggunaan alat penata rambut yang berlebihan seperti pengering rambut dan catokan dapat dengan mudah merusak kunci dan juga melemahkan akarnya.

Penggunaan alat-alat ini secara teratur dan berlebihan dapat memengaruhi pertumbuhan rambut, membuat rambut semakin lemah dan tipis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini