Lindungi Diri dari Covid-19, Dokter Ini Rela Pakai Popok saat Bekerja

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 612 2282985 lindungi-diri-dari-covid-19-dokter-ini-rela-pakai-popok-saat-bekerja-ZlnnZgXY3T.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

Sebagai seorang tenaga medis yang setiap harinya melakukan interaksi dengan pasien yang terpapar Covid-19, dokter Reinaldo Alexander, Sp.PD rela menggunakan popok.

Ia menggunakan popok tersebut ketika dirinya sudah mulai menggunakan baju hazmat. Hal ini dilakukan agar ia tidak melepas alat pelindung diri (APD) saat rasa ingin buang air kecil tiba.

"Saya selalu bilang enggak pernah buka hazmat selama praktik (5 jam), lalu banyak yang tanya 'pipisnya gimana dok?' saya jawab ya pakai pampers. Sebenarnya ini pengakuan yang bikin malu tetapi ini karena saya enggak bisa tahan pipis lama-lama," jelas dokter Reinaldo seperti dikutip dari sebuah video yang diunggah ke akun Youtube @Nidalap pada Kamis (24/9/2020).

Adapun tujuan dokter Reinaldo menggunakan pampers karena ia tidak ingin melepas hazmat ketika sudah memakainya. Selain ingin lebih menghemat hazmat, ia juga tidak ingin lepas-pakai hazmat tersebut.

 Lindungi Diri dari Covid-19, Dokter Ini Rela Pakai Popok saat Bekerja

"Jadi enggak ada istilahnya APD boleh dilepas pasang. Kalau sudah dilepas ya pilihannya cuma ada dua. Antara mau disterilkan atau dibuang," sambung sang dokter.

Ia pun menerapkan hal yang sama ketika dirinya sedang menggunakan masker. Dokter Reinaldo tidak pernah ingin menyentuh maskernya bahkan ketika wajahnya terasa gatal.

"Jangankan menurunkan masker atau melepas pasang, menyentuh saja saya enggak berani. Bahkan kalau gatal saya juga enggak berani menggaruk. Bukan paranoid, ini karena saya enggak mau masker tersebut terkontaminasi," tuturnya.

Ia melanjutkan, selain menghemat masker, tidak mengutak-atik masker tersebut saat digunakan juga membuat pemakaian masker tersebut menjadi lebih efektif.

"Jadi ketika ada yang bertanya, 'saya sudah pakai masker kok masih kena Covid-19?' Coba instropeksi diri lagi apakah pemakaian maskernya serta protokol kesehatan yang dijalankan sudah tepat atau belum," tukasnya.

Baca juga: Cari Camilan untuk Ganjal Perut? Bikin Stik Kentang Keju, Yuk!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini