Punya Masalah Pencernaan Tapi Tetap Mau Ngopi? Bisa Kok

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 612 2283005 punya-masalah-pencernaan-tapi-tetap-mau-ngopi-bisa-kok-Jasa0t75su.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOPI memang salah satu antioksidan yang baik jika dikonsumsi setiap hari. Tidak perlu banyak-banyak, minum 2-3 cangkir kopi dapat menekan risiko kematian dini hingga 10 persen.

Demikian laporan dari NIH-AARP Diet and Health Study. Selain itu, laporan tersebut menjelaskan bahwa minum satu cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 6 persen.

Tapi, ada beberapa orang yang tidak bisa mengonsumsi kopi, lantaran rasa asam yang dihasilkan oleh biji kopi bisa memengaruhi asam lambung. Akibatnya, ketika mereka minum kopi maka akan mengalami gangguan pencernaan.

kopi

Nah, bagi orang-orang yang sensitif terhadap kafein atau punya masalah pencernaan, seperti maag atau refluks asam lambung masih bisa kok menikmati kopi.

Joan Salge Blake, RD, associate associate klinis di Boston University dan penulis Nutrition & You, dilansir dari Health, menjelaskan kopi dingin bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk memuaskan keinginan ngopi.

Meski efek kafein dalam kopi dingin bisa dibilang lebih tinggi daripada kopi hangat, rasa es kopi tidak seasam kopi tubruk hangat. Rata-rata kopi dingin memiliki kadar pH 6,31 yang berlawanan dengan versi panasnya yang mengandung pH 5,48. Pada skala pH, semakin rendah angkanya semakin asam sifat zat tersebut.

Pasalnya, air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi akan mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi. Sementara es batu akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya pun lebih “jinak”.

Tapi, yang perlu diperhatikan adalah macam-macam topping yang membuat nilai gizi dan kalori kopi hitam yang tadinya nol besar menjadi berlipat ganda.

Karena itu, sebaiknya pilihlah kopi hitam tanpa gula dan pemanis lainnya. Baik itu dalam versi es atau yang ditemani kebulan uap hangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini