Belajar Online, Bagaimana Guru Bisa Memantau Perkembangan Anak?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 612 2283172 belajar-online-bagaimana-guru-bisa-memantau-perkembangan-anak-IBR6GxkYEW.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SUDAH lebih dari 6 bulan, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diwajibkan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online. Kegiatan ini tentu memerlukan penyesuaian, baik dari sisi guru maupun fasilitas pembelajaran.

Selama belajar online, guru dituntut untuk memberikan laporan sebagai bukti bahwa KBM telah dilaksanakan. Hal ini dilakukan agar pihak sekolah dapat mengawasi setiap KBM agar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Baca Juga: Guru Nyaris Dipecat karena Tato di Sekujur Badan

belajar

Namun dalam praktiknya, pelaporan KBM yang dilakukan oleh guru saat ini masih secara manual. Setiap guru perlu merekap KBM mereka, seusai sesi pertemuan dan mengirimkannya ke pihak sekolah secara manual juga.

Hal ini memakan waktu banyak, karena guru juga disibukkan oleh proses KBM. Begitu juga orangtua kesulitan memantau anaknya.

Chief Executive Officer Aku Pintar Lutvianto Pebri Handoko mengatakan, digitalisasi diperlukan untuk memudahkan kegiatan PJJ. Baik guru atau orangtua bisa memantau hasil belajar anak.

"Pemantauan bisa menyiapkan rencana pembelajaran yang lebih terarah," kata Pebri, lewat keterangan resmi APSekolah.

Diakui Guru Bimbingan Konseling SMA 11 Depok, Jawa Barat.Yanizasari, S.Psi, M.Pd, adanya digitalisasi, dapat memudahkan kegiatan PJJ. Khususnya guru dan siswa untuk memperoleh ilmu-ilmu baru.

"Mengingat saat ini masih banyak sekolah yang belum bisa terjangkau oleh sarana dan prasarana yang baik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini