Kisah Desainer Franka Soeria, Menulis Buku untuk Healing

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 194 2283549 kisah-desainer-franka-soeria-menulis-buku-untuk-healing-DbNz82JUZB.jpg Desainer Franka (Foto: Inst)

Pandemi Covid-19 memberi cerita tersendiri untuk desainer modest fashion Franka Soeria. Gegara wabah, dia pun akhirnya membuka kembali laptopnya dan mulai menulis.

Passion yang sempat terkubur karena memberi ruang lebih pada dunia fashion itu kini muncul kembali. Bahkan, Franka Soeria menilai dalam proses menulis, tercipta situasi healing yang membuatnya berdamai dengan masa lalu.

 Franka dan desainnya

"Menulis buku itu proses healing buatku. Sebab, aku mengulik lagi masa lalu, mengingat lagi momen apa yang terjadi di waktu lampau dan aku tuang semua di buku. Aku belajar berdamai dengan menulis ini," katanya dalam konfrensi pers peluncuran buku 'Random Thoughts of Franka', belum lama ini.

Jadi, dalam setiap menyusun bab per bab buku ini, Franka merasa seperti sedang menerapi dirinya sendiri. Mulai dari bab menemukan jati diri, menjadi ibu dan wanita bekerja, pun dalam proses menulis bab menikah telat. Semuanya dia bongkar dan karena itu juga dia mendapat ketenangan.

Baca juga: Ini Cara Mudah dan Murah Cegah Virus Corona Menumpuk di Tubuh Kita

Franka menjelaskan juga bahwa karena proses menulis buku ini ia kembali menemukan dirinya yang dulu. Ya, dia mengaku dulunya adalah seorang 'nerd' atau kutu buku dan pembuatan buku yang sejatinya dia selesaikan dalam waktu hanya 2 minggu tersebut menyadarkannya lagi kalau 'I'm a writer actually, tapi nyasar ke dunia fashion'.

Dalam proses menulis, ada banyak nilai positif yang ia dapatkan. Sebut saja soal teruslah menjalankan passion yang Anda anggap membuat diri Anda hidup. Meski orang lain merasa itu bukan sesuatu yang baik, jangan pedulikan.

"Ketika kamu ngelakuin sesuatu yang mana itu adalah passion kamu, tapi kamu ngerasa itu enggak dipeduliin orang lain, percayalah kalau sejatinya di luar sana ada orang yang peduli. Karena itu, teruslah berkarya dan jangan ragu hanya karena kekhawatiran tidak mendapat perhatian orang lain," ungkap Co-Founder Markamarie itu.

Ia pun menyarankan agar setiap orang yang punya mimpi jangan ragu untuk membuat karya dimulai dari nol. Dari prosesnya, kata Franka, Anda akan menemukan nilai yang sangat berharga dan itu tidak akan didapatkan dari manapun.

"Ingat, kalau kamu enggak coba, kamu enggak akan tahu. Jadi, jangan pernah ragu untuk bikin sesuatu dari nol. Nikmati prosesnya dan kamu akan bersyukur karena itu," tambahnya lantas tersenyum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini